UJI SENSITIVITAS STAPHYLOCOCCUS AUREUS TERHADAP EKSTRAK ETANOL DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

UJI SENSITIVITAS STAPHYLOCOCCUS AUREUS TERHADAP EKSTRAK ETANOL DAUN MALAKA (PHYLLANTHUS EMBLICA)


Pengarang

Wanti Shelvy Maulizar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1002101010136

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

UJI HAMBATAN Staphylococcus aureus TERHADAP EKSTRAK DAUN MALAKA (Phyllanthus emblica)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak etanol daun malaka (Phyllanthus emblica) dalam menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus. Staphylococcus aureus diperoleh dari laboratorium mikrobiologi fakultas kedokteran hewan universitas syiah kuala yang diisolasi dari feses unggas. Ekstrak malaka diperoleh dari laboratorium farmakologi yang diekstrak dengan etanol 70%. Staphylococcus aureus ditanam pada media MHA, lempeng cakram yang ditanam dalam ekstrak etanol masing-masing 5%, 15%, 25% dan 35% serta Amoksisilin 20 µ ditempelkan pada permukaan media MHA. Zona hambat diukur dengan jangka sorong. Hasil menunjukkan bahwa zona hambat Staphylococcus aureus yang ditanam pada konsentrasi 5%, 15%, 25% dan 35% masing-masing adalah 11,06 mm, 14 mm, 15,66 mm dan 17,13 mm serta Amoksisilin sebesar 9,83 mm. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun malaka dapat menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK