//

PRODUKTIVITAS PEKERJAAAN PENUTUP ATAP PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Gazi Ansari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Produktivitas merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu pekerjaan konstruksi. Peningkatan produktivitas, salah satu kegunaannya untuk mengurangi waktu pekerjaan, dan itu berarti akan mereduksi biaya. Secara umum, nilai produktivitas ditentukan oleh faktor besaran volume pekerjaan, waktu pelaksanaan, dan jumlah tenaga kerja. Agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, diperlukan upaya perencanaan dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai produktivitas pada salah satu komponen pekerjaan bangunan gedung. Objek yang diteliti adalah pekerjaan pemasangan penutup atap pada proyek Gedung Pendidikan dan Ruang Kuliah Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala yang merupakan salah satu proyek yang dibangun guna menfasilitasi kegiatan perkuliahan. Pekerjaan penutup atap merupakan pekerjaan finishing akhir dari rangkaian konstruksi atap. Material atap menggunakan bahan zincalume. Volume pekerjaan atap direncanakan seluas 1.513,5 m2. Metode kerja yang digunakan adalah Analisa Empiris Lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan dua tahap yaitu pengumpulan data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh dari kontraktor yang berupa informasi gambar rencana dan dokumentasi proyek. Data primer diperoleh dari pengamatan lapangan, dalam bentuk pencatatan waktu penyelesaian setiap tahap pekerjaan. Ruang lingkup penelitian yaitu pekerjaan penutup atap pada lima segmen bangunan gedung. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai produktivitas untuk pekerjaan pemasangan atap diperoleh yaitu, Segmen A sebesar 15,576 m2/jam; Segmen B sebesar 30,096 m2/jam; Segmen C sebesar 30,044 m2/jam; Segmen D sebesar 15,097 m2/jam; dan Segmen E sebesar 13,236 m2/jam. Untuk pekerjaan pemasangan rabung atap diperoleh yaitu, Segmen A sebesar 27,281 m/jam; Segmen B sebesar 26,462 m/jam; Segmen C sebesar 27,945 m/jam; Segmen D sebesar 26,777 m/jam; dan Segmen E sebesar 26,466 m/jam. Nilai dan beberapa informasi terkait tentang produktivitas dapat digunakan untuk menghitung koefisien requirement tenaga kerja dan material pada pekerjaan penutup atap. Lebih lanjutnya informasi tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk proyek-proyek serupa. Kata kunci: produktivitas, pekerjaan, gedung, penutup atap, zincalume

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA ( TAHAP II) (Odie Rahmathul Ikhsan, 2015)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (TAHAP II) (Zerry Farianda. Z, 2015)

KAJIAN PRODUKTIVITAS PEKERJAAAN RANGKA ATAP PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Haidi Adlan, 2015)

ANALISIS PRODUKHTIVITAS PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA MERAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anshar Maulizar CA, 2016)

ANALISIS PRODUKTIVITAS PEKERJAAN PEMASANGAN JENDELA ALUMINIUM PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Muhammad Reza Ulhaq, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy