//

KAJIAN PRODUKTIVITAS PEKERJAAAN RANGKA ATAP PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Haidi Adlan - Personal Name
SubjectSTEEL
ROOFS-CONSTRUCTION
BUILDINGS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik Univesitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Suatu sumber daya dalam sebuah proyek dapat berupa sumber daya manusia, material dan peralatan/mesin. Sumber daya tersebut sering kali terbatas jumlahnya. Ketersediaan tenaga kerja merupakan salah satu penentu tinggi-rendahnya produktivitas pekerjaan. Produktivitas pekerjaan adalah salah satu unsur utama dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan suatu proyek konstruksi, tetapi ketika penggunaan sumber daya tidak efektif, hal ini dapat menyebabkan pengaruh yang buruk terhadap produktivitas pekerjaan. Untuk itu produktivitas pekerjaan perlu mendapat perhatian agar proyek dapat diselesaikan dengan baik. Suatu bangunan gedung terdiri dari beberapa komponen pekerjaan. Salah satu komponen pekerjaan itu adalah pekerjaan rangka atap. Penelitian ini memiliki lingkup pengamatan pada pekerjaan rangka atap pada Proyek Pembangunan Gedung Pendidikan dan Ruang Kuliah Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala yang berlokasi di Darussalam Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh nilai produktivitas pekerjaan pada pekerjaan pemasangan rangka atap pada proyek tersebut. Kemudian, hasil produktivitas yang diperoleh dapat digunakan untuk menghitung koefisien kebutuhan. Dalam penelitian ini data-data yang akan dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan di lapangan yang berupa catatan dan dokumentasi gambar, sedangkan data sekunder berasal dari dokumen proyek yang diperoleh dari pelaksana pekerjaan. Pengamatan yang dimulai dari pekerjaan persiapan, perangkaian dan pemasangan rangka atap, dilakukan terhadap pekerja ketika mereka sedang dalam kondisi kerja dan dilakukan selama jam kerja dalam satu hari. Jam kerja dimulai dari pagi sampai tengah hari, kemudian setelah jam istirahat dilanjutkan hingga sore. Dari analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa nilai rata-rata produktivitas pekerjaan rangka atap pada proyek tersebut adalah 82,149 m2/hari. Nilai rata-rata koefisien kebutuhan setiap jenis tenaga kerja adalah Tukang 0,01224, pekerja 0,00543, kepala tukang 0,00026, dan mandor 0,00136. Setelah dibandingkan dengan nilai koefisien dalam SNI, diketahui bahwa nilai koefisien kebutuhan tenaga kerja yang diperoleh di lapangan lebih kecil. Kata Kunci: Produktivitas, pekerjaan, gedung, rangka atap, baja ringan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA ( TAHAP II) (Odie Rahmathul Ikhsan, 2015)

ANALISIS PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN, PEMBANGUNAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (TAHAP II) (Zerry Farianda. Z, 2015)

PRODUKTIVITAS PEKERJAAAN PENUTUP ATAP PADA PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN DAN RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Muhammad Gazi Ansari, 2015)

ANALISIS PRODUKHTIVITAS PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA MERAH PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anshar Maulizar CA, 2016)

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy