//

PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN PENGELOLAAN EMOSI REMAJA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN PADA SISWA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mustabsyirah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Penerapan Teknik Expressive Writing untuk Meningkatkan Pengelolaan Emosi Remaja (Suatu Penelitian Pra-Eksperimen pada Siswa di SMA Inshafuddin Banda Aceh)” bertujuan untuk melihat tingkat pengelolaan emosi siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh sebelum dan sesudah diberikan teknik expressive writing serta untuk mengetahui berapa besar efek teknik expressive writing dalam meningkatkan pengelolaan emosi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan bentuk pra eksperiment, one group pre-post test design. Populasi penelitian ini seluruh siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh yang memiliki tingkat pengelolaan emosi yang rendah. Sampel yang diperoleh berjumlah 28 orang yang memiliki tingkat pengelolaan emosi yang rendah, penarikan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket yang bersifat tertutup dengan skala 1-4. Data penelitian dianalisis dengan analisis statistik paired sample t-test dan effect size for dependent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan tingkat pengelolaan emosi siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah diberikan teknik expressive writing, dengan mean pre-post test 66.39t_tabel maka Ho ditolak, artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada tingkat pengelolaan emosi remaja SMA Inshafuddin yang mempunyai tingkat pengelolaan emosi rendah setelah diberikan teknik expressive writing. Berdasarkan perhitungan effect size, besarnya efek yang ditimbulkan oleh pemberian teknik expressive writing adalah Cohen’s d = 2.86 atau r^2 = 0.89, artinya teknik expressive writing memiliki efek yang besar untuk meningkatkan pengelolaan emosi remaja. Kata kunci: Pengelolaan Emosi, Teknik Expressive Writing

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP PENGELOLAAN EMOSI MARAH PADA REMAJA (SUATU PENELITIAN DI SMAN 5 BANDA ACEH) (YUSNI SUFRIDA, 2016)

HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KESTABILAN EMOSI REMAJA (SUATU PENELITIAN PADA SISWA SMA NEGERI 6 BANDA ACEH) (Sas Idiarni, 2017)

PERBEDAAN STRATEGI REGULASI EMOSI PADA SANTRI DI PESANTREN MODERN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (DURRATUL ISLAMI, 2020)

THE INVESTIGATION OF LINGUISTIC CONTRAINTS IN WRITING FACED BY JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A CASE STUDY AT SMP INSHAFUDDIN SCHOOL IN BANDA ACEH) (Mirda, 2018)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN HIMPUNAN DI KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (RIKA OKTAVIANA A, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy