//

PENERAPAN KOMUNIKASI NON VERBAL OLEH GURU BK DALAM PROSES KONSELING DI SMA NEGERI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIKA SARWANA - Personal Name
SubjectCOUNSELING-EDUCATION
COMMUNICATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Komunikasi Non Verbal, Guru BK, Proses Konseling Penelitian yang berjudul “Penerapan Komunikasi Non Verbal oleh Guru BK dalam Proses Konseling di SMA Negeri Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi non verbal oleh guru BK dalam proses konseling di SMA Negeri Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru BK dari SMA Negeri 3, 4 dan 5 Banda Aceh. Sedangkan objek penelitian adalah penerapan komunikasi non verbal dalam proses konseling. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa guru BK telah menerapkan komunikasi non verbal dalam proses konseling secara relatif baik dan dapat membantu penyelesaian masalah siswa. Guru BK di sekolah-sekolah tersebut telah menerapkan ekspresi wajah, kontak mata, sentuhan, gerakan tubuh dan tata ruang sebagai bagian dari bentuk komunikasi non verbal pada saat memberikan layanan konseling kepada siswa. Hal tersebut dibuktikan bahwa pada saat memberikan layanan konseling, guru BK sering menerapkan komunikasi non verbal yaitu menunjukkan wajah tersenyum, ramah ketika menerima konseli (siswa), menatap wajahnya, anggukan kepala sebagai isyarat guru BK memahami apa yang disampaikan siswa, menatap langsung kepada siswa terutama saat diceritakan masalahnya, memberikan sentuhan di punggung untuk penguatan bagi siswa, menggunakan gerakan tangan secara sadar untuk menyampaikan maksud dan tujuan konseling serta proses konseling dilakukan di ruangan BK yang ditata dengan baik dan rapi. Oleh karena itu, diharapkan kepada guru BK agar selalu berupaya memberikan layanan konseling secara maksimal, baik dengan menggunakan komunikasi verbal maupun non verbal untuk dapat membantu penyelesaian masalah yang dihadapi siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI KONSELING OLEH GURU BK DALAM PENYELESAIAN MASALAH SISWA DI SMA NEGERI 1 INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (YUSRIATI, 2014)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Firdaus, 2018)

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILANKOMUNIKASI SISWA PADA SMPN KOTA BANDA ACEH (Riski Febriadi, 2018)

KARAKTERISTIK BAHASA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SMP KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Hayatun Rahmi, 2016)

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DALAM PEMBENTUKAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 1KUTA BARO ACEH BESAR (Ikhsan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy