//

ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN BELAJAR DALAMRNMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWARNDI SMP NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vera Siska - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Pelaksanaan Program Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar Penelitian yang berjudul “Analisis Pelaksanaan Program Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 12 Banda Aceh”, bertujuan untuk mengetahui gambaran penyusunan program bimbingan belajar pada siswa dan untuk mengetahui prosedur pelaksanaan program bimbingan belajar yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas, semuanya berjumlah sebanyak 5 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan program bimbingan belajar dalam meningkatkan prestasi belajar siswa telah dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: kegiatan pertama dilakukan dengan mengidentifikasi masalah siswa dalam belajar dengan cara wawancara dan melalui pengecekan absen, daftar nilai siswa, dan daftar nilai kompetensi yang diberikan oleh wali kelas dan guru bidang studi mengenai permasalahan siswa. Data tersebut digunakan oleh guru BK sebagai bahan penyusunan program bimbingan belajar. Pelaksanaan program bimbingan belajar yang telah dilaksanakan guru BK untuk mencegah dan mengembangkan, yaitu memberikan layanan informasi dengan materi kebiasaan belajar yang baik, cara menghadapi ulangan, dan layanan penguasaan konten dengan materi peningkatan motivasi belajar, materi belajar teratur dan terprogram. Di akhir semester guru bidang studi memberikan pengajaran remedial kepada siswa yang memperoleh nilai rendah dengan cara memberikan materi pelajaran tambahan dengan membahas soal-soal materi yang diberikan dalam pengajaran remedial. Soal-soal materi atau tes yang diberikan kepada siswa dievaluasi untuk mengetahui pengembangan siswa setelah diberikan pengajaran remedial untuk selanjutnya ditindaklanjuti oleh guru BK untuk dapat memberikan motivasi belajar atau memberikan bimbingan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR FISIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (SYARIFAH RAIHAN MAHFUDZAH, 2020)

HUBUNGAN SIKAP DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Rahimah, 2013)

PEMAHAMAN GURU BIDANG STUDI TENTANG BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI SE-KOTA BANDA ACEH) (Novin Asril Lubis, S.Pd., 2014)

LINGKUNGAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Amna Marisa, 2014)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy