//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REMI ANDROKA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TWO STAY TWO STRAY TYPE (TSTS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Model Kooperatif Two Stay Two Stray, Prestasi Belajar Penciptaan suasana belajar yang menyenangkan akan mengaktifkan potensi dan meningkatkan daya pikir siswa. Guru mengajar di dalam kelas bukan semata menceritakan bahan pembelajaran kepada siswa, namun belajar memerlukan keterlibatan mental dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hasil belajar yang optimal hanya akan diperoleh jika proses pembelajaran yang dilakukan banyak melibatkan siswa untuk beraktivitas serta mengembangkan kreatifitas yang dimiliki siswa. Untuk itu guru perlu menyesuaikan model pembelajaran dengan materi pelajaran yang dianggap sesuai. Dari hal tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi Bentuk Muka Bumi dan Kegiatan Ekonomi Penduduk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray, untuk mengetahui keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray, untuk mengetahui respon siswa terhadap ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII/A SMP Negeri 2 Kuta Baro yang berjumlah 26 orang, objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, observasi, angket respon siswa dan wawancara. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus statistik deskriptif, P=f/Nx100%. Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray mengalami peningkatan hal ini terlihat pada hasil pretest dan postest. Pada siklus I hasil pretest 8% postest 81%, dan pada siklus II hasil pretest 15% postest 92%, untuk ketuntasan klasikal pada siklus I 50% dan siklus II mencapai 90%, sedangkan untuk respon siswa terhadap model pembelajaran Two Stay Two Stray mendapat respon positif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI DINAMIKA PARTIKEL KELAS X-IPA 3 DI MAN DARUSSALAM (Lia Ariyani, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (SRI NOVIANI, 2013)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK ASASI MANUSIA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUTA BLANG (Manawiyah, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Fatihaddin Syarif, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy