//

PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN JIWA TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI MAN DARUSSALAM KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZIKRI REZEKI - Personal Name
SubjectMENTAL HEALTH
HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI xiv Halaman + VI Bab + 46 Halaman + 4 Tabel + 1 Skema + 16 Lampiran ZIKRI REZEKI 1307101020156 PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN JIWA TERHADAP PERSEPSI SISWA TENTANG ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI MAN DARUSSALAM KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR ABSTRAK Persepsi dan kepercayaan yang salah tentang masalah kesehatan jiwa, telah menyebabkan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) masih belum mendapat tempat yang baik di masyarakat bila dibandingkan dengan penyakit fisik lainnya. ODGJ masih dianggap berbahaya sehingga sering dihindari, dikucilkan dan dicemoohkan. Oleh karena itu diperlukan suatu penyuluhan kesehatan jiwa untuk mengubah persepsi negatife pada orang dengan gangguan jiwa. Tujuan penelitian untuk melihat pengaruh penyuluhan kesehatan jiwa terhadap persepsi siswa tentang orang dengan gangguan jiwa di MAN Darussalam Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan pretest-postest non randomized with control design. Pegumpulan data dilakukan pada 18 s/d 23 Mei 2015. Sample penelitian sebanyak 72 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, 36 siswa sebagai kelompok experiment dan 36 siswa lainnya sebagai kelompok kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan 20 item pertanyaan menggunakan skala ordinal. Hasil penelitian dianalisa dengan uji t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas experiment dan kelas kontrol dengan hasil p value 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa penyuluhan kesehatan jiwa bisa mengubah persepsi siswa tentang orang dengan gangguan jiwa. Sehingga diharapkan menjadikan penyuluhan kesehatan jiwa salah satu bahan ajar di sekolah. Kata Kunci : penyuluhan kesehatan jiwa, siswa, orang dengan gangguan jiwa Daftar Bacaan : 19 buku, 1 artikel, 2 skripsi, 1 internet (1999-2014)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERAWATAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2016 (Nirwan, 2016)

INTERAKSI DAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN PASIEN GANGGUAN JIWA (STUDI PADA RUMAH SAKIT JIWA ACEH, BANDA ACEH ) SKRIPSI (Riza Trisnawati, 2018)

PENGALAMAN KELUARGA MERAWAT PENDERITA GANGGUAN JIWA DENGAN PASUNG DI KECAMATAN GUNUNGSITOLI SUMATERA UTARA:STUDI FENOMENOLOGI DESKRIPTIF (Arif Rahman Aceh, 2020)

STIGMA MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI KECAMATAN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Putriyani, 2016)

HUBUNGAN MENTAL HEALTH LITERACY DENGAN PEER GROUP STIGMA PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Desri Maulizani, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy