//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RNNUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL RNTEAM GAME TOURNAMENT (TGT)RNDI SMPN 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyuni B - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran NHT, Model Pembelajaran TGT Penelitian ini mengangkat masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru di sekolah,berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru fisika di SMPNegeri 8 Banda Aceh, rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan penggunaan model dan metode kurang bervariasi yang diguakan guru dalam mengajar,sehingga pembelajaran menjadi monoton dan siswa cenderung tidak aktif dalam PBM.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran TGT pada materi pembentukan bayangan pada cermin. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015 terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 145 orang. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 42 siswa yang terdiri dari kelas VIII-6 dan VIII-7. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis yang terdiri dari pre tes dan post tes. Pengolahan data pada pre tes menggunakan uji normalitas dan homogenitas sedangkan data post tes mengunakan uji statistik berupa uji-t yang telah terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Kelas VIII-6 ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dan kelas VIII-7 ditetapkan sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model TGT. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas yang diajarkan dengan model NHT adalah 68,6. Sedangkan pada kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran TGT rata-rata hasil belajar adalah 57,318. Halini juga dalap dibuktikan dengan perhitungan pada uji t, diperoleh thitung = 1,84 dan ttabel pada taraf signifikan  = 0,05, dk = (n1 + n2 - 2) = (20+ 22-2) = 40 dan peluang 0,95 didapat t 0,95 (40) = 2,38. Jadi thitung > t tabel, yaitu 2,38 > 1,684. Oleh karena itu, thitung berada di daerah penolakan H0. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa pada materi pembentukan bayangan pada cermin yang diajarkan dengan model NHT lebih baik dari pada hasil belajar yang diajarkan menggunakan model TGT.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (yuli devi yanti, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT RNKELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH (meutia, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X PADA MATERI VEKTOR DI SMA N 1 KUTA COT GLIE. (Zahratul Muhaira, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAME TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASILRNBELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 BANDA ACEH (JOUL FITRIADI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy