MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD NEGERI DAYAH GUCI KABUPATEN PIDIE. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SD NEGERI DAYAH GUCI KABUPATEN PIDIE.


Pengarang

Muhammad Nur - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200050048

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PENDIDIKAN PADA SD NEGERI DAYAH GUCI
KABUPATEN PIDIE

Oleh: Muhammad Nur
NIM: 1209200050048

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Sakdiah Ibrahim, M. Pd.

ABSTRAK

Manajemen sekolah dapat diartikan segala sesuatu yang berkenaan dengan pengelolaan proses pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, baik tujuan jangka pendek, menengah, maupun tujuan jangka panjang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan meliputi: (1) Perencanaan program sekolah; (2) Pelaksanaan program sekolah dan (3) Hambatan yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, pedoman observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pengawas dan guru pada SD Negeri Dayah Guci Kabupaten Pidie. Hasil penelitiannya ditemukan: (1) Perencanaan program sekolah mencakup: program pengajaran, meliputi: kebutuhan tenaga guru pembagian tugas mengajar, pengadaan buku-buku pelajaran, alat-alat pelajaran dan alat peraga, pengadaan atau pengembangan laboratorium sekolah, pengadaan atau pengembangan perpustakaan sekolah, sistem penilaian hasil belajar, dan kegiatan kurikuler; (2) Pelaksanaan program sekolah yaitu strategi yang diterapkan untuk tercapainya peningkatan mutu pendidikan, meliputi: sosialisasi program, analisis SWOT, pemecahan masalah, peningkatan mutu, dan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program sekolah; dan (3) Hambatan dalam perencanaan program sekolah, antara lain kurangnya partisipasi masyarakat dan kesulitan ekonominya sehingga dukungan mereka terhadap manajemen sekolah ikut rendah. Diharapkan kepada pengawas agar dapat mengarahkan dan mengawasi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan tentang perencanaan program sekolah, pelaksanaan program dan hambatan yang dihadapinya secara tepat guna, efektif dan efesien sehingga mutu pendidikan di sekolah tersebut dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: Manajemen Sekolah dan Mutu Pendidikan






SCHOOL MANAGEMENT IN INCREASING EDUCATIONAL QUALITY
STATE ELEMENTARY SCHOOL DAYAH GUCI IN PIDIE DISTRICT

ABSTRACT
( Muhammad Nur )


School management can be defined as all of the things that are relevant to the management of educational process for achieving the objectives that are established, either short, middle, or long term objectives. The objectives of this research was to find out school management in increasing educational quality, which included : (1) School Program Planning : (2) School Program Implementation and (3) Obstacles that are faced by the school. This research used a qualitative approach with a descriptive method : the data collection techniques were conducted through the guidelines of interview, observation, and documentation study. The research subjects were the principal, the supervisort and the teachers of State Elementary School Dayah Guci in Pidie District. The results of research showed that : (1) School program planning included : teaching program, which encompassed : the need of teachers’ resources, the division of teaching task, the textbook provision, the tools for learning and teaching aids, the provision or improvement of school laboratory, the provision or improvement of school library, the system of learning achievement assessment, and the extracurricular activities : (2) The implementation of school program was the strategy applied for an achievement of increasing the educational quality, which consisted of : the program socialisation, the analysis of SWOT, the problem resolution, the quality improvement, and the supervision and evaluation of school program implementation : and (3) The obstacles found in school program planning were a lack of society’s participation and the society’s economic difficulty : consequently, their support to the school management got decreased as well. The supervisors are expected to be able to guide and supervise the principal properly, effectively, and efficiently in increasing the educational quality concerning a school program planning, the program implementation and the obstacles faced by the principal so that the educational quality of the school can be increased.

Key words : School Management and Educational Quality

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK