//

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENANGANAN NYERI DENGAN TEKNIK DISTRAKSI DAN PHYSICALRNTOUCH OLEH ORANGTUA PADA ANAK YANGRNDIRAWAT DI RUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CICI SHALIHAN K. AHBARD - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nyeri adalah salah satu keluhan pada anak yang menjalani hospitalisasi dan perlu penanganan segera. Nyeri yang tidak diatasi dapat memperlambat penyembuhan, mengganggu pengobatan, menyebabkan masalah psikologis dan kesehatan lainnya. Orangtua berperan dalam mengatasi nyeri anak karena sebagai orang terdekat dan penolong bagi anak. Orangtua lebih mengetahui perubahan perilaku pada anak, dan dapat membuat anak merasa nyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan perilaku penanganan nyeri dengan teknik distraksi dan physical touch oleh orangtua pada anak yang dirawat di RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan menggunakan desain cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh orangtua pasien anak yang dirawat di Ruang Seureune 1 dan Onkologi anak RSUDZA Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan Consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk Dicotomous choice dan skala Likert yang terdiri dari 46 item pertanyaan. Metode analisis data dengan menggunakan analisis univariat. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran pengetahuan penanganan nyeri dengan teknik distraksi dan physical touch oleh orangtua pada anak berada pada kategori baik (54,5%) dan perilaku penanganan nyeri dengan teknik distraksi dan physical touch oleh orangtua pada anak berada pada kategori kurang baik (54,5%). Disarankan kepada perawat agar dapat melakukan sosialisasi dengan melibatkan orangtua tentang penanganan nyeri dengan teknik distraksi dan physical touch serta membimbing orangtua untuk menerapkannya dalam mengatasi nyeri anak selama dirawat di rumah sakit. Kata kunci : penanganan nyeri, distraksi, physical touch Daftar bacaan : 21 buku, 21 jurnal, 2 skripsi, 3 tesis, 2 sumber online (1987-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN REAKSI DAN KECEMASAN ORANGTUA AKIBAT HOSPITALISASI ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LENY MARLINA, 2019)

HUBUNGAN PERAN ORANGTUA DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT SEURUNE I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Novizayuna, 2014)

HUBUNGAN NYERI DENGAN STATUS EMOSIONAL PADARNPASIEN POST OPERASI FRAKTUR DI RUMAH SAKITRNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2012 (Novia, 2014)

GAMBARAN EMOSI DAN PERILAKU PADA ANAK THALASEMIA DI RUANG THURSINA 1 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ILMA TAWARINA, 2018)

GAMBARAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN PASCA BEDAH FRAKTUR DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (selvia nazar wati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy