//

GAMBARAN STATUS KESEHATAN SANTRI PADA RNPONDOK YANG MEMILIKI POS KESEHATAN RNPESANTREN DI PESANTREN RUHUL ISLAM RNANAK BANGSA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUR SHALIHAH - Personal Name
SubjectHEALTH
HEALTH CARE FAISLIITES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA SKRIPSI 30 Juni 2015 xvii + IV Bab + 83 halaman + 29 tabel + 1 skema + 16 lampiran NUR SHALIHAH 1107101020055 GAMBARAN STATUS KESEHATAN SANTRI PADA PONDOK YANG MEMILIKI POS KESEHATAN PESANTREN DI PESANTREN RUHUL ISLAM ANAK BANGSA ACEH BESAR ABSTRAK Pos kesehatan pesantren (poskestren) Ruhul Islam Anak Bangsa didirikan tahun 2010, belum pernah dilakukan evaluasi terhadap perkembangan status kesehatan santri. Lingkungan di sekitar pesantren masih belum memenuhi syarat kesehatan seperti kurangnya pencahayaan serta personal hygiene santri yang masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran status kesehatan santri pada pondok yang memiliki pos kesehatan pesantren di pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode stratified random sampling. Dengan jumlah populasi 278 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel proporsional stratified sampling, selanjutnya sampel dipilih secara accidental sampling untuk setiap kelas dengan jumlah sampel 73 responden. Pengumpulan data menggunakan format pemeriksaan fisik dalam bentuk dichotomus dengan cara ukur pemeriksaan dan kuesioner dalam bentuk skala likert dengan cara ukur angket yang dilakukan pada tanggal 28 Mei sampai 29 Mei 2015. Metode analisis data dengan menggunakan univariat, hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran status kesehatan santri pada pondok yang memiliki pos kesehatan pesantren berada pada kategori cukup baik terdiri dari 3 sub variabel yaitu kesehatan fisik berada pada kategori baik (100%), kesehatan mental berada pada kategori cukup baik (63%) dan kesehatan sosial berada pada kategori cukup baik (43,8%). Disarankan kapada pihak poskestren agar lebih meningkatkan pengoptimalan perilaku personal hygiene demi terciptanya kesehatan dan kesejahteraan warga pesantren dan dapat memberikan pendidikan kesehatan kepada warga pesantren serta dapat mengaktifkan kembali bimbingan konseling untuk meningkatkan kesehatan mental dan sosial para santri. Kata kunci : Status kesehatan, poskestren, santri Daftar bacaan : 23 buku + 3 skripsi + 5 jurnal + 6 sumber online (1960-2014)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN MORBIDITAS DAN FAKTOR PENYEBAB PADA REMAJA SANTRI DI PESANTREN RUHUL ISLAM ANAK BANGSA KABUPATEN ACEH BESAR (Farkhan, 2016)

STUDI KOMPARATIF KESEHATAN FISIK SANTRIWAN DAN SANTRIWATI DI PESANTREN RUHUL ISLAM ANAK BANGSA ACEH BESAR TAHUN 2012 (Risna Dewi, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN REPRODUKSI REMAJA PUTRI DENGAN UPAYA MENJAGA KEBERSIHAN SAAT MENSTRUASI DI PESANTREN DARUL IMARAH ACEH BESAR (RISKA PHONNA, 2018)

MOTIVASI BELAJAR PENJASORKES PADA SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN AL-FALAH ABU LAM URN KABUPATEN ACEH BESAR (Basirun Nazir, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nadya Tasya, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy