//

ANALISA PENGARUH MESIN POTONG RUMPUT PADA BADAN MANUSIA DITINJAU DARI ASPEK ERGONOMI DESAIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sanneri Yulistia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aktivitas memotong rumput berhubungan dengan vibrasi, kebisingan dan beban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mesin potong rumput terhadap operator pemotong rumput, yang ditinjau dari empat faktor yaitu getaran, kebisingan, biomekanika dan fisiologi. Objek yang diteliti adalah lima operator yang berada di kawasan Universitas Syiah Kuala. Dari hasil kuesioner nordic body map diketahui bahwa keluhan yang dialami oleh seluruh operator adalah pada punggung, lengan atas kiri dan lengan atas kanan. Pada faktor getaran yang diterima oleh operator memiliki rata-rata akselerasi yaitu 3,69 m/det 2 dengan batas waktu maksimum bekerja yaitu < 1 jam per hari berdasarkan keputusan menteri tenaga kerja. Pada faktor kebisingan bahwa tingkat kebisingan yang diterima operator rata-rata adalah 97,3 dBA yaitu melebihi batas yang diijinkan menurut OSHA 1970 dan durasi jam kerja yang diijinkan adalah 3 jam per hari. Pada faktor biomekanika, gaya tekan yang terjadi pada otot tulang belakang dengan nilai rata-rata gaya tekan yaitu 1052,73 N maka dapat dikatakan bahwa dalam aktifitas pengangkatan mesin potong rumput masih batas normal. Pada faktor fisiologi, rata-rata energi yang dihabiskan adalah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN DAN SIMULASI PEREDAM GETARAN PADA DUA HANDLE MESIN POTONG RUMPUT JENIS BACKPACK TYPE FR3000 (Zainuddin, 2016)

ANALISA PENGARUH MESIN POTONG RUMPUT PADA BADAN MANUSIA DITINJAU DARI ASPEK ERGONOMI DESAIN (Sanneri Yulistia, 2015)

PENGARUH KEDALAMAN POTONG TERHADAP KERATAAN DAN KEKASARAN PERMUKAAN PADA PROSES FACE DAN END MILLING MENGGUNAKAN MESIN CNC HEADMEN ZXK-32B (Miftahul Jannah Ibr, 2018)

ANALISIS ERGONOMI PADA PENGOPERASIAN MESIN PEMOTONG RUMPUT TIPE GENDONG (andi, 2014)

ANALISA KEKASARAN PERMUKAAN BENDA KERJA MATERIAL BAJA ST 60 MENGGUNAKAN PAHAT KARBIDA (Heru Prasetyo Harahap, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy