//

ANALISIS STUDI GERAKAN PADA AKTIVITAS PERAKITAN DAUN PINTU DENGAN METODE MAYNARD OPERATION SEQUENCE TECHNIQUE (MOST)RN(STUDI KASUS: PT. MUTIARA JAYA, ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dini Amalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pada era automasi dan kecanggihan teknologi, waktu menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi proses produksi. Pengukuran waktu proses produksi atau dikenal juga dengan waktu kerja dilakukan untuk memperoleh waktu baku yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Pada penelitian tugas akhir ini, pengukuran waktu kerja dilakukan dengan memanfaatkan data waktu gerakan pada proses perakitan daun pintu menggunakan metode Maynard Operation Sequence Technique (MOST) di PT. Mutiara Jaya. Studi kasus pada penelitian ini adalah proses pembuatan daun pintu yang masih dilakukan dengan tenaga manusia dan tata letak fasilitas perakitan yang belum menerapkan prinsip ekonomi gerakan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan membandingkan hasil perhitungan waktu baku dan output produksi proses perakitan daun pintu metode kerja awal dengan metode kerja usulan yang dikerjakan oleh satu orang operator. Dari hasil penelitian, terdapat tiga hal yang menjadi keluaran, yaitu minimasi elemen gerakan dan waktu baku proses perakitan serta peningkatan output produksi. Pengelompokan komponen perakitan daun pintu memberi dampak pada elemen gerakan yang dilakukan. Selisih elemen gerakan yang diperoleh pada metode kerja awal dengan metode kerja usulan adalah sebanyak 14 elemen gerakan, atau terjadi pengurangan elemen gerakan sebanyak 15,5%. Perubahan dan minimasi jarak operator terhadap komponen dan peralatan memberikan dampak berupa minimasi waktu baku dan peningkatan output produksi. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan efisiensi waktu proses sebesar 27,8% dan peningkatan output produksi sebesar 30,7%. Kata kunci : Studi gerakan, elemen gerakan, Maynard Operation Sequence Technique (MOST).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBUATAN PINTU PAGAR SORONG OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO UNO (MUHAJIR, 2019)

IMPROVING THE STUDENTS’ LISTENING SKILL BY USING THE ACTION SEQUENCE TECHNIQUE (A CLASSROOM ACTION RESEARCH TO THE SECOND YEAR STUDENTS AT SMP NEGERI 3 BIREUEN) (Tihawa, 2017)

PERKEMBANGAN GERAKAN JUBAH PUTEH DI ACEH (1987-1999) (Cut Ade Maudalena, 2017)

MODEL TIME-COST TRADE-OFF PADA PEMASANGAN KUSEN DAN DAUN PINTU DI KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ardiansyah, 2019)

EVALUASI MANAJEMEN RISIKO SISTEM RANTAI DINGIN PADA INDUSTRI ES KRISTAL(STUDI KASUS:PT. POLAR JAYA PERKASA) (Siti Febrianti Tafnar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy