//

ANALISIS POSTUR KERJA DAN FISIOLOGI PADA PEGAWAI BAGIAN SHELVING (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN ACEH, BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Melda Yulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada bagian shelving atau yang bertugas untuk menyusun buku ke rak buku di Perpustakaan Aceh, masih banyak yang memiliki kondisi sikap kerja yang tidak ergonomis, seperti membungkuk, jongkok, berdiri dengan tangan terentang ke atas serta berdiri dengan tangan terentang ke atas dengan kaki yang menjinjit. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa postur kerja para pegawaidan memberi usulan perbaikan metode kerja dengan postur kerja yang ergonomis. Untuk memperbaiki postur kerja tersebut pada penelitian ini menggunakan metode RULA dan energy expenditure dengan pendekatan fisiologi. Langkah awal dalam penelitian ini yaitu penyebaran kuesioner Nordic Body Map kepada pegawai untuk mengetahui keluhan-keluhan rasa sakit yang selama ini dirasakan. Selanjutnya pengolahan data dengan metode RULA, berdasarkan hasil perhitungan postur kerja level resiko tertinggi adalah postur kerja berdiri dengan tangan terentang ke atas dan berdiri dengan tangan terentang ke atas serta kaki menjijit yaitu dengan skor 7. Hasil kuesioner Nordic Body Mapmemiliki hubungan atau kesesuaian dengan hasil perhitungan skor postur kerja dengan metode RULA, berdasarkan hasil kuesioner Nordic Body Mappada bagian leher sebesar 80% dan skor untuk postur tubuh bagian leher dengan metode RULA adalah 4, merupakan skor terbesar yang berada pada postur tubuh berdiri dengan tangan terentang ke atas serta kaki menjijit. Hal ini karena tinggi rak buku dari lantai adalah 196 cm, sehingga menyulitkan pegawai menyusun buku terutama buku yang berada pada rak keempat dan rak kelima khususnya pegawai dengan tinggi dibawah 155 cm. Berdasarkan perhitungan, besarnya energy expenditure yang dikeluarkan setiap masing-masing pegawai bagian shelvingini termasuk dalam katagori kerja sedang (moderate work).Dari hasil analisis perhitungan metode RULA dan energy expenditure,maka dapat diberikan usulan perbaikan postur kerja agar lebih ergonomis. Kata kunci : Ergonomi, Postur Kerja, Musculosceletal Disorder, Nordic Body Map (NBM), Rapid Upper Limb Assessment (RULA), energy expenditure

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MOTIVASI KERJA, GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJATERHADAP KINERJAKARYAWAN SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN ACEH (WIRDA AGUSTINA, 2015)

SISTEM AKUNTANSI PENGGAJIAN PEGAWAI PADA BADAN ARSIP DAN PERPUSTAKAAN ACEH (Hibatul Haqqi Ermiza, 2015)

KOMUNIKASI ORGANISASI PADA UPT PERPUSTAKAAN UNSYIAH DALAM MENJAGA KONSISTENSI MUTU PELAYANAN PRIMA PADA PUSTAKAWAN (Hildayani, 2017)

PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN ACEH (MARLINA, 2019)

ANALISIS WORK STANDING POSTURES PADA KASIR WANITA MENGGUNAKAN METODE RISK ASSESSMENT(STUDI KASUS: SUZUYA MALL-BANDA ACEH) (PUTRI WIDI SARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy