PROSEDUR PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYA BIT TAMLIK ( IMBT ) PADA BANK ACEH CABANG SYARIAH UTAMA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

PROSEDUR PEMBIAYAAN IJARAH MUNTAHIYA BIT TAMLIK ( IMBT ) PADA BANK ACEH CABANG SYARIAH UTAMA BANDA ACEH


Pengarang

CUT NORA NOVITA SARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1201003010044

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi (D3) / PDDIKTI : 62401

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi Univeristas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

332.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN

Penulisan Laporan Kerja Praktek ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pemberian IMBT menggunakan akad Ijarah pada Bank Aceh cabang utama Banda Aceh, tujuan pembuatan Laporan Kerja Praktek ini untuk menambah wawasan dan informasi mengenai IMBT. Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di lakukan pada Bank Aceh cabang Syariah utama Banda Aceh dan ditempatkan pada bagian pembiayaan.Berdasarkan pembahasan yang terdapat dalam Laporan Kerja Praktek, maka dapat disimpulkan bahwa IMBT adalah salah satu produk jasa dalam perbankan. IMBT adalah salah satu jenis pembiayaan di perbankan syariah. PT Bank Aceh Cabang Syari’ah Banda Aceh dimana sewa menyewa barang berakhir pada kepemilikan nasabah.
Produk IMBT pada Bank Aceh Syariah menggunakan akad Ijarah, Ijarah adalah akad pemindahan hak atas barang atau jasa, melalui pembayaran upah/sewa, tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan (Ownership/milkiyah) atas barang/jasa itu sendiri. Pemberian IMBT pada Bank Aceh Syariah menggunkan akad ijarah. yaitu sebuah akad yang mengandung perjanjian dari seseorang dimana padanya ada hak yang wajib dipenuhi terhadap orang lain dan berserikat bersama orang lain itu dalam hal tanggung jawab terhadap hak tersebut dalam menghadapi penagihan.
IMBT diproses apabila nasabah pemohon telah melengkapi persyaratan dan tidak terdaftar dalam catatan hitam Bank Indonesia, berkas yang telah diterima akan di agenda guna mengetahui nomor akad IMBT tersebut. Hasil pembahasan IMBT akan di serahkan kepada kasie pembiayaan untuk otorisasi dan selanjutnya pengesahan pimpinan bank.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK