//

EFEK SUPLEMENTASI CAMPURAN PROBIOTIC DAN ACIDIFIER DALAM RANSUM KOMERSIL DENGAN SUBSTITUSI BAHAN PAKAN FERMENTASI TERHADAP KONDISI SALURAN PENCERNAAN, LEMAK ABDOMEN DAN KADAR GLUKOSA DARAH AYAM BROILER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rial Fahlevi - Personal Name
SubjectFERMENTATION
CHICKENS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh suplementasi campuran probiotic dan acidifier dalam ransum komersil dengan substitusi bahan pakan fermentasi (R-KFPA) terhadap kondisi pencernaan, lemak abdomen dan kadar glukosa darah ayam broiler. Penelitian ini dilakukan di Field Lab., Jurusan Peternakan, Universitas Syiah Kuala pada tanggal 8 Desember 2012 – 16 Januari 2013. Materi penelitian yang digunakan terdiri dari 160 ekor ayam broiler umur sehari (DOC). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Tiap ulangan merupakan unit percobaan yang masing-masing terdiri dari 10 ekor ayam broiler. Perlakuan yang dicobakan adalah suplementasi campuran probiotic dan acidifier 1:1 sebanyak 0, 0.1, 0.2, dan 0.3 % di dalam ransum komersil dengan substitusi bahan pakan fermentasi. Parameter yang diamati adalah pH gizzard, pH usus, berat dan persentase gizzard, panjang usus, berat dan persentase lemak abdomen, dan kadar glukosa darah ayam broiler. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam (Steel and Torrie, 1993) dan apabila terdapat perbedaan yang nyata di antara perlakuan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa suplementasi campuran probiotic dan acidifier 1:1 sampai level 0.3 % ke dalam ransum komersil yang disubstitusi dengan 10 % bahan pakan fermentasi tidak berefek negatif terhadap berat dan persentase gizzard serta panjang saluran pencernaan (usus) ayam broiler. Suplementasi campuran probiotic dan acidifier tidak nyata (P>0.05) mempengaruhi kondisi pH saluran pencernaan (gizzard dan usus) ayam broiler. Meskipun secara statistik tidak berbeda nyata (P>0.05), suplementasi campuran probiotic dan acidifier memperlihatkan efek positif terhadap menurunnya persentase lemak abdomen. Suplementasi campuran probiotic dan acidifier ke dalam ransum komersil yang disubstitusi dengan 10 % bahan pakan fermentasi meningkatkan kadar glukosa darah ayam broiler. Kata Kunci : fermentasi, probiotic, acidifier, gizzard, lemak abdomen, broiler

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH SUPLEMENTASI CAMPURAN PROBIOTIC DAN ACIDIFIER DALAM RANSUM KOMERSIL DENGAN SUBSTITUSI BAHAN PAKAN FERMENTASI TERHADAP BERAT DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER (ghazali, 2013)

PERUBAHAN KADAR LEMAK ABDOMEN AYAM BROILER (GALLUS SP.) YANG DIBERI RANSUM FERMENTASI DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA LAMK) (Intan Firdaus, 2016)

EVALUASI PRODUKTIVITAS KARKAS AYAM PETELUR JANTAN (“KALASAN”) YANG DIBERI RANSUM KOMERSIL BROILER DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG AMPAS TAHU, PROBIOTIK DAN ACIDIFIER (Fadillah Hidayat, 2015)

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN INDIGOFERA (INDIGOFERA TINCTORIA) DI DALAM RANSUM KOMERSIL DENGAN SUBSTITUSI PAKAN FERMENTASI DAN SUPLEMENTASI PROBIOTIC TERHADAP BERAT DAN PERSENTASE KARKAS AYAM BROILER (Rike Ona Rizkia, 2014)

PERTUMBUHAN AYAM BROILER YANG DIBERI RANSUM KOMERSIL DENGAN SUBSTITUSI BAHAN PAKAN FERMENTASI CAMPURAN DEDAK, JAGUNG, DAN TEPUNG LIMBAH IKAN LEUBIM (CANTHIDEMIS MACULATA) (MUJIATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy