//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPALINTAS MINAT DENGAN SISWA KELAS PEMINATAN XI IPS SMA LABORATORIUM UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Fajar Rizky - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, lintas minat, geografi, peminatan Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah yang bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas dirancang untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik belajar sesuai dengan minat mereka. Perbedaan karakteristik ilmu antara siswa kelas peminatan sosial dan siswa peminatan alam, waktu kegiatan belajar mengajar serta kaitan ilmu geografi dengan ilmu lain yang dipelajari siswa memberikan perbedaan terhadap hasil belajar kedua kelas tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar geografi siswa kelas peminatan XI IPS lebih baik dari siswa kelas XI IPA lintas minat di SMA Laboratorium Unsyiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar geografi siswa kelas peminatan XI IPS lebih baik dari siswa kelas XI IPA lintas minat di SMA Laboratorium Unsyiah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas XI IPA1, XI IPA2, XI IPA3, XI IPA4, dan XI IPS dengan jumlah 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Laboratorium Unsyiah yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas XI IPA lintas minat yang berjumlah 24 siswa . Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes, sedangkan pengolahan data menggunakan rumus uji t polled varians. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil penghitungan thitung = 4,71, sedangkan ttabel 2,02, sehingga thitung > ttabel atau 4,71 > 2,02 maka H0 ditolak. Dapat dikatakan bahwa hasil belajar geografi siswa kelas peminatan XI IPS lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas XI IPA lintas minat di SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMAN MODAL BANGSA DAN SMA LABORATORIUM UNSYIAH (EKA MAWARNI, 2016)

HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI KELAS XI IPS SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Cut Izzati, 2015)

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MIRA ZAHARA, 2019)

HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Eza Sofiani, 2018)

HUBUNGAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS MAN MODEL BANDA ACEH (Mumtazul Fikri, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy