//

EFEKTIVITAS PEMBERIAN NUTRISI TINGGI PROTEINRNTERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA POSTRNSECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DAHRUL MUNIRA - Personal Name
SubjectNUTRITION - HEALTH
SURGERY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 7 Juli 2015 66 halaman + VI BAB + 5 tabel + 3 skema + 16 lampiran DAHRUL MUNIRA 1107101020058 EFEKTIVITAS PEMBERIAN NUTRISI TINGGI PROTEIN TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA POST SECTIO CAESAREA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK WHO memperkirakan bahwa rata-rata persalinan caesar ada diantara 10% dan 15% dari seluruh kelahiran di negara-negara berkembang. Selama tahun 2010-2011 ada 110.000 kelahiran diseluruh Asia dan 27% diantaranya dilakukan di meja operasi. Kesembuhan luka operasi sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang tepat, karena proses fisiologi penyembuhan luka bergantung pada tersedianya protein, vitamin, mineral, renik zink dan tembaga. Masalah yang sering muncul pada luka pasca pembedahan, diantaranya adalah luka yang mengalami stress selama masa penyembuhan akibat nutrisi yang tidak adekuat. Permasalahan kesehatan pada masa post partum salah satunya bentuk pantangan makanan yang ditujukan bagi ibu nifas seperti tidak makan ikan laut, telur, sayur, dan makanan pedas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemberian nutrisi tinggi protein terhadap proses penyembuhan luka post sectio caesarea di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian experimental dengan desain posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan alat ukur berbentuk format observasi. Populasinya adalah seluruh ibu dengan post sectio caesarea bulan Juni-Juli sebanyak 80 orang di ruang seurunee 3 di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, dengan jumlah sampel 30 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pemberian nutrisi tinggi protein terhadap penyembuhan luka post sectio caesarea, rata-rata penyembuhan luka pada kelompok intervensi adalah 10,467 sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan 7,934 dengan perbedaan 2,534. Direkomendasikan hasil dari penelitian ini bahwa tenaga kesehatan sebaiknya meyakinkan ibu untuk mengkonsumsi nutrisi tinggi protein sehingga ibu mengkonsumsi nutrisi tinggi protein untuk penyembuhan post sectio caesarea. Kata kunci : Nutrisi tinggi protein, telur, penyembuhan luka, sectio caesarea. Daftar Bacaan : 34 Buku (1995-2013) + 11 Jurnal (2006-2014) + 1 Tesis (2005).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN STATUS GIZI DAN KESEMBUHAN LUKA PASIEN PASCA OPERASI BEDAH ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizky Putri Aushiva, 2016)

EFEKTIVITAS SALEP GETAH JARAK PAGAR 10% (JATROPHA CURCAS, LINN) DAN GENTAMICIN 0,1% TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DERAJAT II PADA KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS (Rodi Jasmadi, 2016)

EFEKTIVITAS TEKNIK RELAKSASI NAPAS DALAM TERHADAP RNINTENSITAS NYERI PADA IBU POST SECTIO CAESAREA DIRNRUANG SEUREUNEE 3 RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (HILDA RAHIL WULANDARI, 2015)

GAMBARAN STATUS GIZI DAN KESEMBUHAN LUKA PASIEN PASCA OPERASI BEDAH ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizky Putri Aushiva, 2013)

EFIKASI SALEP GETAH JARAK PAGAR 10 % (JATROPHA CURCAS, LINN) DAN SALEP GENTAMISIN 0,1 % TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA KULIT MENCIT (MUS MUSCULUS) (Teuku Suriwidiar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy