//

PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATANRNMETAKOGNITIF DI KELAS X SMA LAB SCHOOL UNSYIAHRNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZANNATUN SANIAH - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
TRIGONOMETRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kemampuan siswa kelas X SMA Lab School Unsyiah Banda Aceh dalam mengerjakan soal trigonometri sangat terbatas dikarenakan pembelajaran trigonometri identik dengan rumus-rumus yang rumit. Hal itu terlihat dari kesalahan yang dilakukan siswa ketika menyelesaikan persoalan trigonometri. Salah satu pendekatan yang cocok untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan memecahkan dan menyelesaikan soal-soal trigonometri adalah pendekatan metakognitif. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan metakognitif dalam pembelajaran trigonometri di kelas X IPA 1 SMA Lab School Unsyiah Banda Aceh. 2) Untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa dengan penerapan pendekatan metakognitif pada pembelajaran Trigonometri di kelas X IPA 1 SMA Lab School Unsyiah Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Lab School Unsyiah Banda Aceh dan sampel diambil secara acak sebanyak satu kelas yaitu kelas X IPA 1 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui nilai awal yang diperoleh dari ulangan sebelumnya serta hasil kuis pada tiap pertemuan untuk melihat perkembangan kemampuan siswa dan hasil tes akhir untuk menguji hipotesis. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (α) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 31 dari daftar t dengan peluang 0,95 didapat t0,95(31) = 1,69 dan thitung =3,51. Oleh karena t hitung>t tabel maka H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa “Penerapan pendekatan metakognitif dapat mencapai ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran trigonometri di kelas XIPA 1 SMA Lab School Unsyiah Banda Aceh. Berdasarkan analisis perkembangan kemampuan siswa diperoleh rata-rata persentase kenaikan nilai siswa pada seluruh pertemuan (77,48%) cukup baik, maka dapat disimpulkan perkembangan kemampuan belajar siswa dengan menggunakan pendekatan metakognitif pada pembelajaran Trigonometri di kelas X IPA 1 SMA Lab School Unsyiah Banda Aceh. menjadi lebih baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA INSAN QUR’ANI ACEH BESAR TAHUN 2017/2018 (Risa Khairiyah, 2019)

PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATANRNMETAKOGNITIF DI KELAS X SMA LAB SCHOOL UNSYIAHRNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ZANNATUN SANIAH, 2015)

TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Intan Sari, 2014)

PEMBELAJARAN MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL STAD DENGAN STRATEGI MNEMONIK DI KELAS X SMAN 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nurul Taflihati M, 2014)

A DESCRIPTIVE STUDY ON TEACHING READING COMPREHENSION AT SMPN 16 BANDA ACEH (Maulizan ZA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy