//

SERAT ALTERNATIF DARI ALGA MERAH (GRACILARIA SP.) DAN BATANG RUBIK (CALOTROPIS GIGANTEA) UNTUK PEMBUATAN KERTAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Furqan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Seiring perkembangan teknologi dan terus bertambahnya populasi manusia di dunia, penggunaan kertas semakin meningkat. Untuk saat ini, sebagian besar industri pembuatan kertas memakai material kayu sebagai bahan baku. Khususnya di indonesia, jumlah lahan untuk menanam pohon untuk menghasilkan kayu semakin menipis dikarenakan semakin banyak lahan dialihfungsikan untuk perkebunan, bangunan, dan lain-lain. Dan juga kebutuhan akan serat juga menjadi masalah tambahan pada berkurangnya sumber daya hutan. Tujuan penelitian ini, kertas yang dihasilkan dari olahan alga merah dan serat batang rubik diharapkan mampu mengatasi masalah keterbatasan persediaan bahan baku kayu sebagai bahan baku pembuatan kertas. Penelitian ini dilakukan dengan mengekstraksi serat batang rubik, membuat pulp dengan memvariasikan jumlah persentase serat dengan alga (0%, 2%, 4%, 6%, 8%) dari 127,5 gr campuran pulp, membuat kertas dalam cetakan 20 cm x 30 cm. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuran fisik, pengujian tarik, dan observasi SEM. Nilai kuat tarik kertas tanpa penambahan serat adalah 0,055 kgf/mm2, sedangkan nilai kuat tarik kertas dengan penambahan serat 2%, 4%, 6%, dan 8% secara berturut-turut adalah 0,136 kgf/mm2; 0,147 kgf/mm2; 0,112 kgf/mm2; dan 0,165 kgf/mm2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kertas dengan penambahan serat batang rubik mampu memperbaiki kuat tarik kertas tanpa penambahan serat batang rubik. Penelitian lanjutan perlu dilakukan lebih banyak variasi serat yang dipilih dan melakukan pengujian lainnya berdasarkan standard pengujian kertas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISTIK FISIK DAN MEKANIK BIOPLASTIK DARI PENCAMPURAN ALGA MERAH (GRACILARIA SP.) DENGAN LATEKS (Sayed Muhammad Akbar, 2016)

MODIFIKASI KERTAS DARI ALGA MERAH (EUCHEUMA COTTONII) DENGAN DISPERSI PARTIKEL KERAMIK (kartika jayusman, 2014)

POTENSI EKSTRAK ALGA MERAH GRACILARIA VERRUCOSA SEBAGAI PENGHAMBAT PERKEMBANGAN PEMBENTUKAN BIOFILM ENTEROCOCCUS FAECALIS PADA INFEKSI SALURAN AKAR GIGI (ERVINA RIZKY, 2018)

PENGARUH EKSTRAK ALGA MERAH (GRACILARIA VERRUCOSA) TERHADAP JUMLAH FIBROBLAS PADA HARI KE-7 PENYEMBUHAN LUKA (STUDI PADA TIKUS PUTIH GALUR WISTAR (RATTUS NORVEGICUS)) (GHINA ALYA SHAFIRA, 2021)

UJI AKTIVITAS SITOTOKSIK EKSTRAK KULIT BATANG BIDURI (CALOTROPIS GIGANTEA) (Ichsan Saputra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy