//

PERANCANGAN MEJA DAN KURSI ERGONOMIS UNTUK MURID SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR DI KOTA LANGSA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang nabila yudisha - Personal Name

Abstrak/Catatan

Meja dan kursi merupakan dua fasilitas penting yang diperlukan oleh murid dalam mendukung kegiatan mereka di kelas. Fasilitas tersebut haruslah memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai dengan dimensi tubuh para murid agar kondisi belajar dan mengajar yang lebih baik dapat terwujud. Dari hasil pengamatan terhadap kesesuain bentuk dan ukuran meja dan kursi sekolah di Kota Langsa, diketahui bahwa terdapat meja dan kursi yang tidak ergonomis (ukurannya belum sesuai dengan penggunanya). Para murid kelas I yang merupakan murid baru dan masih berada dalam tahap transisi dari Taman Kanak-kanak, menggunakan meja dan kursi yang ukurannya sama dengan murid di kelas enam. Dalam hal kenyamanan menggunakan produk dengan ukuran yang sesuai dengan bentuk tubuh penggunanya, kondisi di sekolah dasar tersebut kurang proporsional. Dari kasus tersebut, dilakukanlah penelitian untuk merancang ulang ukuran meja dan kursi sekolah yang saat ini digunakan oleh para murid di Sekolah Dasar Negeri 1 dan Sekolah Dasar Negeri 11 di Kota Langsa. Pada penelitian ini dilakukan pengumpulan data antropometri sebanyak 90 data dan mengukur meja dan kursi yang saat ini digunakan dikedua sekolah tersebut. Pengukuran dimensi tubuh para murid dilakukan dengan menggunakan antropometer Campbell Caliper 10 dan 20, sedangkan pengukuran meja dan kursi dilakukan dengan menggunakan meteran. Data antropometri yang diperoleh diuji secara statistik, yaitu uji keseragaman data, kecukupan data dan perhitungan persentil. Hasil dari perhitungan digunakan untuk melakukan perancangan ulang dengan menggunakan software solidwork. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa meja dan kursi yang saat ini digunakan dapat diaplikasikan pada murid-murid di kelas III sampai kelas VI, sedangkan untuk murid-murid di kelas I dan II perlu penyesuaian pada ketinggian meja dan kursi tersebut. Perancangan ulang yang diusulkan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu kelas 1 dan 2, kelas 3 dan 4, serta kelas 5 dan 6. Pembagian ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan penggunaan meja dan kursi oleh para murid. Kata kunci: Antropometri, Ergonomis, Perancangan Ulang, Dimensi Meja-Kursi, Sekolah Dasar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PROGRAM UKS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KOTA FAJAR KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Zahimuddin, 2015)

EVALUASI STATUS GIZI PADA MURID SEKOLAH DASAR NEGERI BULUH DIDI KLUET TIMUR TAHUN 2013/2014 (Maidiana, 2015)

EVALUASI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MURID SEKOLAH DASAR NEGERI 17 COT GIREK KABUPATEN ACEH UTARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (ENDANG SUPRAYOGI, 2014)

UPAYA GURU PENJAS DALAM MENINGKATKAN MINAT MURID TERHADAP MATERI POKOK ATLETIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN SAMA DUA ACEHRNSELATAN TAHUN 2013/2014 (FIRDAUS, 2014)

EVALUASI KEBUGARAN JASMANI MURID SEKOLAH DASAR NEGERI 5 MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN AJARAN 2012/2013 (MARYANI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy