//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKANRNMELALUI EKSPERIMEN BERBANTUAN PHET SIMULATION DENGANRNKONVENSIONAL DI KELAS IX SMP N 15 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIRNA RIZKI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Hasil belajar, Metode pembelajaran eksperimen, Media Phet Simulation, Pembelajaran konvensional. Penelitian ini berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Yang Diajarkan Melalui Eksperimen Berbantuan Phet Simulation Dengan Konvensional Di Kelas IX SMP N 15 Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimanakah perbandingan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan melalui metode eksperimen berbantuan media phet simulation dengan konvensional di kelas IX SMPN 15 Banda Aceh pada materi hukum Ohm. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika siswa yang diajarkan melalui metode eksperimen berbantuan media phet simulation dengan konvensional di kelas IX SMP N 15 Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 15 Banda Aceh yang terdiri dari dua kelas dengan rincian kelas IX-I berjumlah 15 orang peserta didik dan kelas IX-II berjumlah 16 orang peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua populasi jadikan sampel karena jumlah populasi relatif kecil, sedangkan untuk menetapkan kelas eksperimen dan kontrol menggunkan teknik purposive sampling, sehingga terpilihlah kelas IX-I sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan metode eksperimen berbantuan media phet simulation dan kelas IX-II sebagai kelas kontrol dengan perlakuan metode eksperimen berbantuan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar yang terdiri dari pretest dan posttest. Pengolahan data pada pretest menggunakan uji statistik anova satu arah dan data posttest mengunakan statistik berupa uji-t. Hasil penelitian menunjukkan kelas yang diajarkan menggunakan metode eksperimen berbantuan media phet simulation lebih unggul dibandingakan dengan kelas yang diajarkan dengan metode eksperimen berbantuan pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 73,76 dan kelas kontrol adalah 57. Disarankan untuk penelitian dengan menggunakan media phet simulation dapat dilanjutkan oleh peneliti yang lain, sehingga terungkap hal-hal yang belum tuntas pada penelitian ini.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN (Herdiyanti Rupmana, 2017)

PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA YANG DI AJARKAN DENGAN PHET SIMULATION DAN PRAKTIKUM DI SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG (Muhammad Rizki Fajri, 2017)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING YANG MENGGUNAKAN SIMULASI PHET DAN TIDAK MENGGUNAKAN SIMULASI PHET PADA KELAS XI SISWA SMAS PLUS MUHAMMADIYAH KOTA SUBULUSSALAM (Devi Raihan, 2021)

“PERBANDINGAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT DENGAN MEDIA ANIMASI CAMTASIA SIMULATION FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMAN 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR” (mira elviani, 2016)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MEDIA CAMTASIA DENGAN PHET PADA SISWA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (T.rizal Azqia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy