//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNSNOWBALL THROWING PADA MATERI PECAHANRNDI KELAS VII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Hafni - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TYPE SNOWBALL THROWING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Pecahan. Umumnya pembelajaran saat ini banyak didominasi oleh guru dan mengakibatkan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam mempelajari dan menemukan sendiri informasi untuk diolah menjadi konsep, teori, maupun kesimpulan. Pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing adalah salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Materi Pecahan di Kelas VII SMP Negeri 4 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi pecahan di kelas VII pada SMP Negeri 4 Banda Aceh. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental dengan desain one shot case study. Untuk itu penulis mengambil subjek penelitian di kelas VII-4 pada SMP Negeri 4 Banda Aceh sebanyak 28 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kemampuan guru, lembar observasi aktivitas siswa yang dinilai oleh observer pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Kemudian tes diberikan di akhir pembelajaran, dan angket respon siswa diberikan pada saat semua pembelajaran selesai. Sementara itu teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Untuk observasi aktivitas siswa peneliti mengambil 6 siswa sedangkan untuk ketuntasan belajar secara klasikal dan respon siswa diambil 28 siswa. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 4 Banda Aceh efektif untuk diterapkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ke empat aspek yang di nilai meliputi: ketuntasan belajar efektif yaitu siswa tuntas sebanyak 89,3%, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran efektif, aktivitas siswa pada saat bekerjasama dalam kelompok efektif , dan respon siswa positif.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ANNA FITRIA, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI UNTUKMENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Silvia Srifuji Ys, 2013)

TEACHING SPEAKING BY USING COOPERATIVE LEARNING THROUGH SNOWBALL THROWING (LIBRARY RESEARCH) (Cut Ervida Diana, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (salawati, 2013)

THE IMPLEMENTATION OF SNOWBALL THROWING MODEL IN TEACHING SPEAKING (AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMP NEGERI 17 BANDA ACEH) (Rahmatul Ukhra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy