//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING RN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAHRN SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP RN NEGERI 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nursafiah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Megister Pendidikan Biologi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan penguasaan konsep, dan sikap ilmiah siswa yang memperoleh pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional pada materi fotosintesis di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dilakukan di SMP Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh yang berjumlah 165 siswa. Sampel berjumlah 48 siswa terdiri dari dua kelas yaitu kelasVIII-4 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII-5 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui pretes dan postes. Data peningkatan hasil belajar dianalisis dengan gain ternormalisasi (N-gain). Perbedaan rata-rata N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan independent sample t-test. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) penguasaan konsep siswa yang memperoleh pembelajaran model inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi fotosintesis; (2) sikap ilmiah siswa yang memperoleh pembelajaran model inkuiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi fotosintesis. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, penguasaan konsep, sikap ilmiah, fotosintesis ABSTRACT This study aimed to determine differences in mastery of concepts, and scientific attitude of students who received guided inquiry model of learning and conventional learning in photosynthesis concepts in SMPN 8 Banda Aceh. This study used an experimental methods, conducted in SMPN 8 Banda Aceh year 2013/2014. The population in this study is students SMPN 8 Banda Aceh, consisted of 165 students. The samples are 48 students were devided into two classes, namely class VIII-4, 24 students, as experimental class, and class VIII-5, 24 students, as control class. Data were collected through pre-test and post-test. Enhancement of learning outcomes data were in the form of normalized gain (N-gain). The difference in the average N-gain experimental class and control class was analyzed by independent sample t-test. The results of the study concluded that: (1) mastery student concept gain guided inquiry model of learning and conventional learning in photosynthesis concept ; (2) the scientific students attitude that received guided inquiry model of learning and conventional learning in photosynthesis concept. Keywords: Guided Inquiry, mastery of concepts, scientific attitude, photosynthesis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)

PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1 (WAHYUNI, 2016)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP JAMUR (FUNGI) PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yuna Putri Berkah, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Dewi Lestari, 2017)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy