//

ANALISIS STRUKTUR TARI MEUSAREE-SAREERN DI SANGGAR CUT NYAK DHIEN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SURYANI SULAIMAN - Personal Name
SubjectDANCING-CUSTOMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Analisis, Struktur, Tari Meusaree-saree Penelitian ini berjudul “analisis struktur tari meusaree-saree di sanggar cut nyak dhien Banda Aceh”. Penelitian ini dilakukan karena pada tari meusaree-saree terdapat dua bentuk tari yang tidak terpisahkan. Adapun rumusan masalahnya bagaimana tata hubungan gerak tari meusaree-saree, dan bagaimana elemen-elemen dasar gerak tari meusaree-saree. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana tata hubungan gerak tari meusaree-saree, untuk mendeskripsikan elemen-elemen dasar gerak tari meusaree-saree. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif yaitu berupa reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata hubungan yang terdapat di dalam tari meusaree-saree adalah tata hubungan paradigmatis yang terjadi pada keseluruhan ragam gerak, baik dalam ragam gerak perempuan maupun dalam ragam gerak laki-laki. Hasil analisis data yang diperoleh adalah terdiri dari 2 ragam gerak, ragam gerak perempuan yang terdiri dari 2 gugus, 50 kalimat, 75 frase dan 227 motif. Sedangkan pada ragam gerak laki-laki terdiri dari 2 gugus, 63 kalimat, 87 frase dan 204 motif. Elemen dasar tari adalah tubuh yang terbagi menjadi empat bagian yaitu kepala, badan, tangan, dan kaki, masing-masing bagian dibagi menjadi dua unsur yaitu unsur sikap dan unsur gerak. Bagian kepala terdiri dari 8 unsur sikap dan 8 unsur gerak, bagian badan terdiri dari 9 unsur sikap dan 9 unsur gerak, bagian tangan terdiri dari 6 unsur sikap dan 24 unsur gerak, bagian kaki terdiri dari 9 unsur sikap dan 17 unsur gerak.

Tempat Terbit Sebastopol, CA
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS STRUKTUR TARI MEUSAREE-SAREERN DI SANGGAR CUT NYAK DHIEN BANDA ACEH (SURYANI SULAIMAN, 2015)

MAKNA DAN BENTUK PENYAJIAN TARI MARHABAN DI SANGGAR CUT NYAK DHIEN BANDA ACEH (Rinda Maulana, 2014)

STUDI KOMPARATIF TARI KREASI SAMBOT JAMEE DI SANGGAR GEUNASEH DENGAN TARI KREASI PEUMULIA JAMEE DI SANGGAR CUT NYAK DHIEN BANDA ACEH (Cut Karina Mayanti, 2015)

PENYAJIAN TARI HIKAYAT PRANG SABI DISANGGAR CUT NYAK DHIEN BANDA ACEH (Putri Nova Yanti, 2019)

FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN TARI KREASI PEUMULIA JAMEE DI SANGGAR CUT NYAK DHIEN BANDA ACEH (Martina Salvia, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy