//

KORELASI SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA AKSELERASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYAHRIL FAZAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Self-regulated Learning, Anak Berbakat, Hasil Belajar Penelitian yang berjudul “Korelasi Self-regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Akselerasi Pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 3 Banda Aceh”. Self-regulated learning adalah pembelajaran yang memberikan keleluasaan kepada siswa untuk mengelola secara efektif pembelajarannya sendiri dalam berbagai cara sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa kelas akselerasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 16 siswa kelas XI akselerasi SMA Negeri 3 Banda Aceh. Karena populasinya 16 siswa, maka digunakan teknik sampling jenuh (total sampling). Sampel yang diambil adalah 16 siswa kelas XI Akselerasi SMA Negeri 3 Banda Aceh. Instrumen pengumpulan data digunakan adalah kuesioner self-regulated learning dan hasil belajar siswa kelas XI Akselerasi SMA Negeri 3 Banda Aceh semester ganjil 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa menunjukkan tidak terdapat korelasi yang signifikan self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa akselerasi pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2014/2015. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut di beberapa sekolah lainnya. Kemudian peneliti menyarankan pengambilan sampel yang lebih banyak, serta menggunakan lebih dari satu instrumen peneletian cara belajar self-regulated learning yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian landasan teoritis di sub-bab instrumen self-regulated learning. Sehingga, diperoleh data tentang korelasi self-regulated learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika yang lebih akurat dan memberikan alternatif pemecahan yang lebih efektif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS AKSELERASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 3 BANDA ACEH (MILI ANDRIYANI, 2015)

KORELASI PELAKSANAAN AKSELERASI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI MODAL BANGSA (Nora Nafila, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 1 MONTASIK (FARTIKA TARWIAH, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS AKSELERASI DENGAN KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (ANA MARIANA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy