//

DETEKSI GLUKOSA DALAM URIN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) MENGGUNAKAN STRIPTEST SEMIKUANTITATIF DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Octora Enda Sari Ginting - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya glukosa dalam uron orangutan sumatera (Pongo abelii) sebagai penunjang diagnosa di Taman Hewan Pematang Siantar, Sumatera Utara. Pengoleksian urin terhadap 4 ekor orangutan sumatera di dalam kandang yang dilakukan pada pagi hari yaitu saat orangutan bangun tidur atau sebelum pemberian pakan orangutan. Pengulangan uji dilakukan 3 kali selama 10 hari pada bulan Januari 2015. Setelah pengoleksian urin kemudian dilakukan pemeriksaan dengan cara mencelupkan stripstest pada 5-10 ml urin selama 30 detik. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan hasil bersifat semikuantitatif melalui pembacaan nilai glukosa pada stripstest yang memiliki skala perubahan warna yaitu : negatif, positif 1 (100 mg/dL), positif 2 (250 mg/dL), positif 3 (500 mg/dL), dan positif 4 (1000 mg/dL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 sampel urin orangutan sumatera tidak terdeteksi adanya glukosa dalam urin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DETEKSI GLUKOSA DALAM URIN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) MENGGUNAKAN STRIPTEST SEMIKUANTITATIF DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (Octora Enda Sari Ginting, 2015)

IDENTIFIKASI DAN KARAKTERISASI DNA MITOKONDRIA (MTDNA) PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (THPS) SUMATERA UTARA (Anna Fitriani, 2019)

DETEKSI PROTEIN DALAM URIN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) MENGGUNAKAN STRIPTEST SEMIKUANTITATIF DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (Cut Shavrina Devinta Fauzi, 2015)

SKRINING BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PENGHASIL SENYAWA ANTIBAKTERI DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (THPS) SUMATERA UTARA (Cut Raudhatul Jannah, 2019)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PATOGEN PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BINATANG KINANTAN BUKITTINGGI (ORYONA ROMADHON, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy