//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI DAN KELAYAKAN USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarmila Hayati - Personal Name
SubjectLABOR
RICE - AGRICULTURAL ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh luas lahan, modal dan tenaga kerja terhadap produksi serta kelayakan usahatani padi sawah di kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan yang ada maka dilakukan pengumpulan data primer dan sekunder dan menggunakan model analisis fungsi produksi Cobb Douglas yang dirubah dalam bentuk linier dan Kriteria pengukuran Kelayakan Usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis faktor – faktor produksi secara simultan/serempakterlihat adanya pengaruh secara signifikan antara variabel independent yaitu luas lahan, modal dan tenaga kerja terhadap variabel dependentdimana Fhitung = 287,185 lebih besar dibandingkan Ftabel = 2,68 begitu juga jika dilihat dari nilai p-value (0,000) lebih kecil dari α = 0,05. Sedangkan secara parsial variabel independent X1 (Luas Lahan)= 3,968 dan X2 (Modal) = 4,600 berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependent (Y) karena lebih besar dari nilai Ttabel (1,68) sedangkan variabel X3 (Tenaga Kerja) = 0,6966 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependent (Y) karena lebih kecil dari Ttabel (1,68). Pengujian kelayakan usahatani diperoleh NPV sebesar Rp. 2.434.612,41 (NPV > 1). Net B/C sebesar 1,88 dimana Net B/C > 1 dan IRR sebesar 15,752 % (lebih besar dari 12 %). Untuk analisa sensitivitas usahatani padi sawah tetap memperoleh net benefit sebesar Rp. 4.919.439,64 (menaikkan biaya 10 %) net benefit sebesar Rp. 1.390.535,92 (menurunkan benefit 10 %). Petani diharapkan mampu memperhitungkan jumlah pemakaian tenaga kerja dan menyesuaikan pemakaian pupuk dan pestisida serta melakukan pencetakan lahan sawah baru dan penambahan modal untuk lebih meningkatkan produksi padi Dinas Pertanian diharapkan lebih intensif dalam menilai kebutuhan petani padi sawah dengan membuat program – program teknologi pertanian serta pemberian modal yang tepat sasaran kepada petani di kecamatan Montasik kabupaten Aceh Besar. Kata kunci : Luas lahan , Modal, Tenaga Kerja , Produksi, Kriteria Kelayakan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEMI ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA SEUMEUREUNG KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Savira, 2021)

EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI MODAL DAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Al Riskika Putri, 2020)

PENGARUH INPUT TERHADAP PRODUKSI USAHA TANAMAN PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (MEGI HERMAN, 2018)

ANALISIS OPSI USAHATANI DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Ritadianti, 2021)

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DALAM PENGGUNAAN KREDIT USAHA MANDIRI (KUM) DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Ita Marina Jamal, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy