//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN TENAGA KERJA MIGRAN RISEN DI KOTA BINJAI : STUDI KASUS UNTUK RNTENAGA KERJA LOWSKILL DAN UNSKILL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SEPA TAMIDA PRANATA - Personal Name
SubjectINCOME
EDUCATION
LABOR
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja Migran Di Kota Binjai ( Studi Kasus : Tenaga Kerja Lowskill Dan Unskill) Nama : Sepa Tamida Pranata NIM : 1101101010029 Fakultas/Jurusan : Ekonomi/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Prof. Dr. Said Muhammad, MA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan tenaga kerja migran lowskill dan unskill di Kota Binjai. Penelitian ini dilakukan di Kota Binjai, dengan mengambil sampel tenaga kerja lowskill dan unskill yang bekerja di sektor informal. Model penelitian diestimasi dengan menggunakan model Ordinary Least Square (OLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga variabel bebas yang diamati dan dianggap mempengaruhi pendapatan tenaga kerja migran lowskill, ketiga variabel bebas tersebut signifikan terhadap teori dan statistik yaitu tingkat pendidikan, jumlah jam kerja, dan pengalaman kerja. Ketiga variabel tersebut memiliki nilai koefisien positif, Kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga variabel bebas yang diamati dan dianggap mempengaruhi pendapatan tenaga kerja migran unskill, hanya ada satu variabel bebas yang signifikan terhadap teori dan statistik yaitu pengalaman kerja. Variabel pengalaman kerja tersebut memiliki nilai koefisien positif, Berdasarkan hasil penelitian, disarankan beberapa kebijakan antara lain membuat sarana pendidikan, pelatihan dan keahlian untuk para tenaga kerja keahlian rendah agar tenaga kerja memiliki kualitas yang lebih baik. Disarankan juga kepada para tenaga kerja agar menekuni satu bidang pekerjaan saja, ini penting agar para tenaga kerja memiliki spesialisasi masing-masing. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menambah variabel lain yang mungkin berpengaruh signifikan. Kata Kunci : Pendidikan, tenaga kerja lowskill dan unskill, Jam Kerja, Pendapatan, Pengalaman Kerja, Ordinary Least Square (OLS)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA KECIL MENENGAH (STUDI KASUS DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH) (Anhar, 2018)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN KELUARGA PADA PROGRAM UPPKS DI PROVINSI SUMATERA UTARA (IRMA DIMYATI, 2016)

ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN NELAYAN PEMILIK KAPAL DI KOTA LHOKSEUMAWE (TEUKU RAHMATSYAH, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI KOPI DI KABUPATEN BENER MERIAH (Farmasari, 2018)

PENGARUH PENDIDIKAN DAN UPAH TENAGA KERJA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (MAULIDYA MUSFIRA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy