//

HUBUNGAN SUPERVISI TERHADAP PELAKSANAAN RNASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKITRNUMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL HADISAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 13 Juli 2015 xiv + VI Bab + 78 halaman + 9 tabel + 1 skema + 20 lampiran NURUL HADISAH 1107101020099 HUBUNGAN SUPERVISI TERHADAP PELAKSANAAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Supervisi merupakan bagian dari fungsi directing (pengarahan) dalam fungsi manajemen yang berperan untuk mempertahankan agar segala kegiatan yang telah diprogramkan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Supervisi secara langsung memungkinkan manajer keperawatan menemukan berbagai hambatan/permasalahan dalam pelaksanaan asuhan keperawatan di ruangan dengan mencoba memandang secara menyeluruh faktor-faktor yang mempengaruhi dan bersama dengan staf keperawatan untuk mencari jalan pemecahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan supervisi terhadap pelaksanaan asuhan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif melalui pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah 153 perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terdiri dari tiga bagian, yaitu data demografi responden, kuesioner supervisi (nilai reliabel 0,964) dan kuesioner asuhan keperawatan yang dikembangkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2005 (nilai reliabel 0,953). Metode analisis data menggunakan uji statistic chi-square. Hasil penelitian ada hubungan antara pelaksana supervisi (p-value = 0,002), sasaran supervisi (p-value = 0,004), frekuensi supervisi (p-value = 0,000), tujuan supervisi (p-value = 0,002) dan teknik supervisi (p-value = 0,000) dengan pelaksanaan asuhan keperawatan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan supervisi (p-value = 0,000) terhadap pelaksanaan asuhan keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Saran bagi perawat adalah untuk terus meningkatkan kinerja dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Kata kunci : Pelaksanaan asuhan keperawatan, Supervisi Daftar bacaan : 11 buku + 3 skripsi + 5 tesis + 6 jurnal (2003-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SUPERVISI KEPALA RUANG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAHDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zulfikar, 2015)

PERSEPSI PERAWAT PELAKSANA TENTANG SUPERVISI LANGSUNG KEPALA RUANG DALAM PELAKSANAAN PENDOKUMENTASIAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAHDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (AINAL MARDHIAH,Amd.Kep, 2018)

HUBUNGAN SUPERVISI DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2013 (RIANA, 2013)

HUBUNGAN FUNGSI MANAJEMEN KEPALA RUANG DENGAN RNPELAKSANAAN PROSES KEPERAWATAN DI RUANG RNRAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (Pati Ramdhana Tarigan, 2014)

HUBUNGAN PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI (TUPOKSI) PERAWAT PELAKSANA TERHADAP PENERAPAN PROSES KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Lina Fati, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy