//

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA KEUMAMAH DI PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cici Nabila Putri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeteksi kandungan formalin pada keumamah yang dijual di pasar tradisional Kota Banda Aceh. Sampel penelitian dipilih secara purposive pada lima pasar tradisional Kota Banda Aceh yaitu pasar LY, UK, ST, PY, dan pasar KT. Setiap pasar dipilih sebanyak lima pedagang yang menjual keumamah. Setiap penjual diambil sebanyak tiga potong keumamah sebagai sampel. Total keseluruhan sampel adalah 75 dari 25 penjual yang berbeda yang berasal dari lima pasar tradisional Kota Banda Aceh. Deteksi kandungan formalin dilakukan dengan metode spot test yang menggunakan reagen tes kit. Prinsip pengujian ini adalah terjadi perubahan warna ungu pada larutan, bila sampel yang diuji positif mengandung formalin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua pasar yang diteliti yaitu LY, UK, ST, PY, dan pasar KT terdapat kandungan formalin pada keumamah. Dengan kata lain semua sampel menunjukkan hasil positif mengandung formalin. Sebagai kontrol negatif dari penelitian ini ialah diambil sampel dari penjual keumamah di Samahani Aceh Besar. Dapat disimpulkan bahwa keumamah yang dijual di lima pasar tradisional Kota Banda Aceh positif mengandung formalin.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KANDUMGAM FORMALIN PADA TAHU YANG DIPRODUKSI OLEH HOME INDUSTRY DAN YANG DI PASARKAN DI KOTA BANDA ACEH (Yulia Fadlika, 2016)

DETEKSI KANDUNGAN FORMALIN PADA DAGING AYAM BROILER (GALLUS DOMESTICUS) DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Rizki Wulandari, 2015)

EFEKTIVITAS EKSTRAK LENGKUAS (LENGUAS GALANGA) SEBAGAI PEREDUKSI KADAR FORMALIN PADA IKAN KEUMAMAH DARI (EUTHYNNUS AFFINIS) (Wirdatul Wahida, 2015)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA KEUMAMAH YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO ACEH BESAR (Liza Ummamie, 2017)

KANDUNGAN PROTEIN DAN DAYA TERIMA KONSUMEN PADA PRODUK IKAN KEUMAMAH YANG DI JUAL DI PASAR KOTA BANDA ACEH (Anisa Warisman, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy