PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMP DAN MTS PADA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGAN – TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMP DAN MTS PADA KELAS X SMA NEGERI 1 TANGAN – TANGAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA


Pengarang

Zulkifli - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0706101020019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

373. 238

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MTs Pada Kelas X SMA Negeri 1 Tangan – Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya” ini mengangkat masalah Bagaimana prestasi belajar sejarah siswa SMP yang ada di SMA Negeri 1 Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya? Bagaimana prestasi belajar sejarah siswa MTs yang ada di SMA Negeri 1 Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya? Adakah perbedaan antara prestasi belajar sejarah siswa SMP dan MTs yang ada di SMA Negeri 1 Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar sejarah siswa SMP dan prestasi belajar sejarah siswa MTs yang ada di SMA Negeri 1 Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya, serta untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar sejarah siswa SMP dan MTs yang ada di SMA Negeri 1 Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya? . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 149 orang terdiri dari kelas XI1, kelas XI2 kelas XI3 dan kelas XI4. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 10% kemudian dipilih sampel secara proporsional random sampling, sehingga sampel berjumlah 54 orang yang tersebar di berbagai kelas. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik statistik sederhaha yaitu menghitung mean dari data nilai sejarah yang diperoleh, menghitung standar deviasi kemudian menghitung uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata – rata nilai sejarah siswa SMP adalah 69,85. Berdasarkan kategori nilai, nilai rata – rata 69,85 berada pada kategori cukup baik dan rata – rata nilai sejarah siswa MTs adalah 70,25 yang dinyatakan cukup baik. Selanjutnya hasil analisis perbedaan antara prestasi belajar sejarah siswa SMP dan siswa MTs adalah hasil pembuktian hipotesis thitung = 1,162 sedangkan ttabel = 1,67. Ternyata thitung < ttabel atau 1,162 < 1,67 sehingga diterima dan H1 ditolak atau tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar sejarah siswa SMP dengan prestasi belajar sejarah siswa MTs.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK