//

STRUKTUR HISTOLOGI ORGAN REPRODUKSI BETINA SAPI ACEH (BOS INDICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang fahmi wulansari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui struktur histologi organ reproduksi betina sapi aceh. Organ reproduksi diambil dari tiga ekor sapi aceh betina yang disembelih di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) kota Banda Aceh. Organ diproses hingga menjadi sediaan histologis dan dipotong dengan ketebalan 5 µm dan diwarnai dengan pewarnaan hematoksilin-eosin (HE). Organ yang diambil adalah ovarium, oviduk, uterus, servik dan vagina. Struktur histologi ovarium sapi aceh terdiri atas lapisan epitel germinativum, tunika albugenia, lapisan korteks dan medula. Lapisan epitel germinativum tersusun atas epitel kubus selapis, tepat diprofundal dari lapisan epitel terdapat suatu jaringan ikat padat yang disebut tunika albugenia. Lapisan kortek ditemukan folikel yang sedang berkembang. Pada bagian medula terdiri atas sejumlah buluh darah. Oviduk, uterus, servik, dan vagina terdiri atas empat lapisan utama yaitu mukosa, submukosa, muskularis dan serosa. Lapisan mukosa oviduk terdiri atas sel epitel kolumnar bertingkat bersilia, mukosa uterus terdiri atas epitel kolumnar bertingkat, mukosa servik dilapisi oleh sel epitel kolumnar dan mukosa vagina dilapisi sel epitel kuboid. Lapisan submukosa terdiri atas jaringan ikat padat. Lapisan muskularis umumnya terdiri atas lapisan otot. Ditemukan juga suatu area yang terdiri atas buluh darah diantara lapisan muskularis uterus yang disebut stratum vaskular. Pada lapisan serosa terdapat buluh darah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa struktur histologi organ reproduksi betina sapi aceh memiliki kesamaan dengan struktur organ reproduksi betina pada famili bovidae lainnya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR HISTOLOGI ORGAN REPRODUKSI BETINA SAPI ACEH (BOS INDICUS) (fahmi wulansari, 2015)

STRUKTUR HISTOLOGI DAN HISTOMORFOMETRI OVARIUM SAPI ACEH (JUANDA, 2019)

MORFOLOGI DAN MORFOMETRI ORGAN REPRODUKSI BETINA SAPI ACEH YANG MENGALAMI REPEAT BREEDING (AQMARINA MAZAYA, 2018)

EVALUASI KARAKTERISTIK REPRODUKSI SAPI ACEH BETINA DI KECAMATAN PANTAN CUACA KABUPATEN GAYO LUES (Ali Makmur, 2015)

IDENTIFIKASI FAKTOR FAKTOR PENYEBAB GANGGUAN REPRODUKSI SAPI POTONG BETINA DI KABUPATEN LABUHANBATU UTARA SUMATERA UTARA PADA TAHUN 2019 (Muharriza Nasution, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy