//

PERAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA DI KAWASAN PANTAI LAMPUUK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANISAH - Personal Name
SubjectTOURIST INDUSTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul :Peran Pariwisata Terhadap Kesejahteraan Pelaku Usaha di Kawasan Pantai Lampuuk Nama : Anisah Nim : 1101101010030 Fakultas/ Jurusan : Ekonomi / Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Riswandi., S.E., M.Ec Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pariwisata terhadap kesejahteraan pelaku usaha di kawasan Pantai Lampuuk. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang Pelaku usaha di sekitar objek wisata Lampuuk. Model yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data yang diperoleh secara langsung dari responden melalui wawancara serta menggunakan kajian pustaka atas hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan wisata ini memberikan dampak terhadap kesejahteraan pelaku usaha yang semakin membaik, yang diukur melalui tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan dan lingkungan sosial. Sebagian besar pelaku usaha mengalami peningkatan pendapatan setelah terlibat dalam kegiatan wisata. Adanya peningkatan pendapatan mempengaruhi terhadap perilaku konsumsi responden, baik konsumsi pangan maupun non pangan. Perubahan konsumsi tersebut terlihat dari adanya peningkatan pada biaya makanan dan biaya listrik yang dikeluarkan oleh responden setiap bulannya. Selain itu, peningkatan pendapatan juga mempengaruhi terhadap akses pendidikan dan kesehatan. Kemudahan akses pendidikan diperoleh responden melalui peningkatan pada pengeluaran biaya untuk uang saku sekolah anak dan peningkatan jumlah responden yang memberikan kegiatan tambahan belajar diluar jam sekolah kepada anggota keluarganya.Sedangkan kemudahan akses kesehatan diperoleh melalui kecukupan pemenuhan bahan makanan sehari-hari, sumber perolehan air bersih dan akses pelayanan pengobatan. Namun,dalam hal ini adanya peningkatan pendapatan tidak membawa pengaruh yang besar terhadap aspek kesehatan karena dari ketiga indikator yang digunakan tidak mengalami perubahan yang signifikan dari sebelumnya. Tidak hanya itu, keadaan lingkungan di sekitar kawasan wisata juga semakin membaik setelah adanya wisata Lampuuk. Kata Kunci :Wisata Pantai Lampuuk, Pendapatan, Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan Sosial.

Tempat Terbit Sebastopol, CA
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HOTEL RESORT LHOKNGA ACEH BESAR (TEMA : ARSITEKTUR TROPIS) (Roja Apriadi, 2017)

EKSTERNALITAS POSITIF OBJEK WISATA (STUDI KASUS PANTAI LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR) (SITI SHARA NURDIN, 2019)

PROFIL WISATA DI KAWASAN WISATA RELIGI PANTAI LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Satrya Kardika W, 2019)

PARTISIPASI MASYARAKAT LOKAL DALAM PENGELOLAAN OBJEK PARIWISATA PANTAI LAMPUUK KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Almunadia, 2018)

ANALISIS ANGKA PENGGANDA PADA PARIWISATA KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT: STUDI KASUS PANTAI ULEE LHEUE DAN LAMPUUK (Afriwanda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy