//

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI KAPANG TRICOPHYTON SP. PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) DI KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Satria Nugraha - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengisolasi dan mengidentifikasi kapang Tricophyton sp. yang menyebabkan dermatofitosis pada Ayam kampung (Gallus domesticus) di Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan 10 ekor ayam yang diduga terinfeksi kapang dermatofit yang diambil dari berbagai tempat di Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. Pengerokan kulit pada ayam yang diduga terinfeksi dilakukan pada bagian tubuh yang terdapat lesi akibat jamur pada daerah jengger, wajah dan leher dimulai dari bagian kulit yang normal sampai bagian kulit yang diduga terinfeksi penyakit dermatofitosis dengan menggunakan scalpel. Sampel yang diperoleh diamati langsung dengan menggunakan KOH 10%. Sampel yang diperoleh dimasukkan ke dalam media Sabauraud Dextrose Agar (SDA) dan diinkubasikan dengan suhu 37°C selama 5-7 hari. Selanjutnya kapang yang tumbuh ditanam pada slide kultur selama 7-14 hari dan dilakukan pewarnaan dengan Lactopenol Cotton Blue (LCB), kapang yang tumbuh diidentifikasi di bawah mikroskop dengan pembesaran 10x, 40x, dan 100x. Hasil dari penelitian ini ditemukan 10% Ayam kampung (Gallus domesticus) yang terinfeksi kapang dermatofitdari genus Tricophyton sp.dan 90% dari jamur Aspergilus sp. yang bersifat oportunis mikosis. Dapat disimpulkan bahwa 10% Ayam kampung (Gallus domesticus) yang terinfeksi kapang dermatofit di Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh berasal dari genus Tricophyton sp.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI KAPANG PENYEBAB DERMATOFITOSIS PADA MARMUT (CAVIA PORCELLUS) (Febryansyah, 2019)

IDENTIFIKASI CANDIDA SP PADA TEMBOLOK AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) DAN ITIK (ANAS PLATYRHYNCHOS DOMESTICUS) (NUR RAHMI, 2019)

GAMBARAN HISTOLOGI KELENJAR TEMBOLOK AYAM KAMPUNG, BEBEK, DAN MERPATI (Firda Muharrami, 2014)

GAMBARAN HISTOLOGIS TIMUS AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) PADA UMUR BERBEDA (Mardhiah Abdian, 2017)

GAMBARAN HISTOLOGIS BURSA FABRICIUS AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) PADA UMUR BERBEDA (Hasnita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy