//

PENGEMBANGAN ALAT UJI KOROSI LELAH: PENGUJIAN LELAH MATERIAL AISI 304 DENGAN MENGGUNAKAN MESIN CANTILEVER ROTARY BENDING FATIGUE.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang muhammad afdhal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kegagalan fatigue merupakan masalah yang sangat krusial karena menyangkut keselamatan dan kerugian materi yang tidak boleh diabaikan. Hal ini bisa dihindari jika penentuan fatigue life dari suatu komponen telah dilakukan sebelumnya, sehingga dapat ditentukan masa pakai yang seharusnya diterapkan dan kecelakaan akibat kegagalan fatigue dapat dihindari. Laboratorium Rekaysa Material telah membangun alat uji lelah Cantilever Rotary Bending Fatigue. Akan tetapi, validitas dari alat uji lelah yang dibangun belum teruji. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian mesin Cantilever Rotary Bending Fatigue yang dibangun. Metode pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil uji lelah dengan menggunakan mesin Cantilever Rotary Bending Fatigue dengan hasil yang diperoleh mesin standart Rotating Bending Fatigue Testing. Material yang digunakan merupakan baja tahan karat AISI 304. Model spesimen uji fatigue yang digunakan dalam pengerjaan penelitian berdasarkan ASTM E-466. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Rekayasa Material selama periode bulan Oktober 2014 sampai dengan Januari 2015. Hasil dari pengujian pada mesin Cantilever Rotary Bending Fatigue menunjukkan batas endurance limit 291 MPa dengan jumlah siklus 1093644 pada beban 6 Kgf, sedangkan pada mesin Rotating Bending Fatigue Testing menunjukkan batas endurance limit 323,49 MPa dengan jumlah siklus 1604767 pada beban 7 Kgf, yang diplot dalam kurva S-N. Berdasarkan hasil perbandingan dari kedua alat uji lelah tersebut memiliki perbedaan sebesar 67,25 %. Hal ini menunjukkan bahwa mesin yang dikembangkan masih memerlukan perbaikan agar hasil uji memenuhi standart pengujian fatigue.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI METODE ELEMEN HINGGA UNTUK SIMULASI PERILAKU LELAH BAJA TAHAN KARAT AISI 304 (M. Kashah Nasthy, 2015)

PERUBAHAN KURVA POLARISASI BAJA AISI 304 AKIBAT BEBAN SIKLIK DALAM MEDIA AQUADES (M. Ridho Rahman, 2016)

PENGUJIAN KEKASARAN BENDA KERJA HASIL PROSES LINEAR INTERPOLATION CUTTING MENGGUNAKAN MATA PAHAT HSS 4 FLUTE PADA MESIN CNC AGMA A-8. (Hafizah Akram, 2020)

RANCANG BANGUN PERALATAN BENDING ROLL (DINDA SAJIKA FAJRAL, 2019)

KAJI EKSPERIMENTAL DAN SIMULASI POROS PENGGERAK MESIN KEMPA ULIR (Muhammad Irvin Barizi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy