//

ANALISA PAPARAN SUARA SIRENE TSUNAMI DI BLANG OI KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizal Syahputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aceh merupakan salah satu provinsi yang rawan terjadi peristiwa gempa dan tsunami. Sejauh ini, para ilmuwan belum mampu memprediksi peristiwa gempa dan tsunami dengan tepat dan akurat sehingga dapat memberikan informasi kapan akan terjadi bencana gempa dan tsunami. Setelah pasca gempa dan tsunami Pemerintah mengembangkan Sistem Peringatan Dini Tsunami yang diberi nama dengan InaTEWS atau Indonesia Tsunamy Early Warning System. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat tekanan suara dan berapa jarak jangkauan suara dari sirene tsunami yang bisa didengar oleh masyarakat. Pengukuran tingkat tekanan suara menggunakan alat ukur Sound Level Meter type 140 dan 131. Pengambilan data dilakukan pada Sirene Tsunami di Gampong Blang Oi pada jarak 10meter dari pusat sirene, TES (Tempat Evakuasi Sementara) di Gampong Lambung yang berjarak 500 meter dari pusat sirene dan di Halaman Kantor RRI Banda Aceh yang berjarak 1800 meter dari pusat sirene. Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan diketahui tingkat tekanan suara dari suara Sirene Tsunami yang dihasilkan mencapai 105.4 dBA dan pada gedung TES 68.5 dBA sedangkan pada kantor RRI Banda Aceh suara dari sirene tsunami tidak jelas terdengar. Tingkat tekanan suara sirene tsunami dapat didengar pada jarak kurang dari 1800 m Suara tidak terdengar pada jarak lebih dari 1800 m dikarenakan adanya penghalang dan penyerapan suara oleh pepohonan dan bangunan sekitar yang dapat berpengaruh terhadap penyebaran suara. Suara dari sirene tsunami tidak mencapai sasaran sebesar luas kawasan pasca tsunami di Kecamatan Meuraxa,pengurangan jangkauan suara tersebut mencapai 10% dari jangkauan yang diharapkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KELENGKAPAN FASILITAS TSUNAMI ESCAPE BUILDING (TEB) DI KECAMATAN MEURAXA UNTUK KELAYAKAN TEMPAT EVAKUASI SEMENTARA (TES) (ZAHRINA, 2019)

KAJIAN KERENTANAN BANGUNAN TERHADAP BENCANA TSUNAMI DI KECAMATAN MEURAXA-BANDA ACEH (Tuah Rizkiyah, 2015)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA ALUE DEAH TEUNGOH, DESA DEAH BARO DAN DESA BLANG OI) DI KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH (Janu Is Aryanto, 2016)

HUBUNGAN LOCAL KNOWLEDGE TERKAIT BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI TERHADAP PERINGATAN DINI PADA GURU DI SEKOLAH KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (eka yunita, 2017)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA LAMPASEH ACEH, DESA PUNGE UJONG DAN DESA PUNGE JURONG, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Riky Rivinaldi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy