//

SIMULASI PISTON PADA SILINDER HIDROLIK MESIN HOT PRESS PAPAN PARTIKEL DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safwan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mesin hot press papan partikel adalah salah satu penerapan teknologi untuk mengolah limbah kayu menjadi papan partikel. Mesin hot press terdiri dari beberapa komponen penting salah satunya silinder hidrolik yang berfungsi untuk menghasilkan gaya tekan (press). Kesesuaian desain dan hasil manufaktur dari komponen mesin hot press seperti silinder hidrolik menjadi sangat penting karena akan berpengaruh pada kerja mesin. Perangkat lunak CAD (computer aided design) seperti Solidworks untuk pemodelan 3D dan perangkat lunak CAE (computer aided engineering) seperti Abaqus sebagai alat bantu yang efektif dalam hal membuat dan melakukan simulasi dengan metode elemen hingga. Penelitian ini memfokuskan pada simulasi silinder hidrolik dengan tujuan untuk mengetahui distribusi tegangan dan reaction force. Dari hasil simulasi diketahui bahwa untuk pemodelan dengan tekanan 30 MPa tegangan paling tinggi terjadi pada node 1149 dan elemen 8978 yaitu sebesar 7,54×106 N/m2, Sedangkan reaction force paling tinggi terjadi pada node 8 yaitu sebesar 892,327 N. Pada pemodelan dengan tekanan 35 MPa tegangan paling tinggi terjadi pada node 1149 dan elemen 8978 yaitu sebesar 8,79×106 N/m2, Sedangkan reaction force paling tinggi terjadi pada node 8 yaitu sebesar 1,041×103 N. Pada pemodelan dengan tekanan 40 MPa tegangan paling tinggi terjadi pada node 2214 dan elemen 8978 yaitu sebesar 10,04×106 N/m2, reaction force paling tinggi terjadi pada node 8 yaitu sebesar 1,190 ×103 N . Semakin besar tekanan yang diberikan maka semakin besar pula tegangan dan reaction force yang terjadi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI CETAKAN (MOLDING) HOT PRESS DENGAN METODE ELEMEN HINGGA UNTUK PEMAKAIAN PADA PAPAN PARTIKEL (Qadri, 2015)

PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN KOMPOSISI TERHADAP SIFAT FISIS DAN MEKANIS PAPAN PARTIKEL AMPAS TEBU (Devi Ramadhanti, 2020)

STUDI SIFAT MEKANIK PAPAN PARTIKEL JERAMI DENGAN MENGGUNAKAN PEREKAT RESIN EPOKSI (QURATUL AINI, 2018)

ANALISA PENURUNAN EFISIENSI PADA MESIN TOYOTA KIJANG 7K (KAMALUD DAMAIRI, 2017)

ANALISIS DAYA BERKURANG PADA MOTOR BAKAR DIESEL DENGAN SUSUNAN SILINDER TIPE SEGARIS (IN-LINE) (Muzzammil, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy