//

MUSEUM KERAJINAN TRADISIONLA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dwi bahariyati - Personal Name
SubjectMUSEUMS - ARCHITECTURE
TRADITIONAL CRAFTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Aceh memiliki berbagai macam kebudayaan yang berasal dari beranekaragaman suku di Aceh. Kebudayaan ini mencakup seni kerajinan yang di sebut kerajinan tradisional. Seni kerajinan tradisional di Aceh berupa seni kerajinan emas/perak/ kuningan, kerajinan benda keramik/tanah liat, kerajinan sulaman, ukiran, anyaman, kerajinan besi, kerajinan kayu, serta kerajinan batok dan bambu yang dibagi berdasarkan kabupaten. Kerajinan-kerajinan ini tidak semuanya memiliki bentuk dan karakter yang sama, contohnya kerajinan sulaman, di tiap kabupaten semuanya memiliki kerajinan sulaman tapi dengan bentuk dan karakter yang berbeda-beda. Beranekaragaman kerajinan dari setiap kabupaten mengakibatkan banyak masyarakat tidak mengenal satu persatu jenis kerajinan tradisional Aceh. Selain itu, kurangnya wadah yang mampu menampung semua jenis-jenis kerajinan tradisional dari seluruh kabupaten di aceh mengakibatkan sedikit demi sedikit warisan budaya ini mulai hilang keberadaannya. Dengan demikian, perlu adanya Museum Kerajinan Tradisional Aceh yang berfungsi mengumpulkan, melestarikan, meneliti, melindungi, mengomunisasikan, dan memamerkan kerajinan Aceh secara turun temurun kepada masyarakat luas. Dengan adanya museum kerajinan tradisional aceh di banda aceh ini di harapkan dapat memberikan pengetahuan tentang budaya kerajinan aceh dan tema yang dipilih “cultural sybolism” yang di sesuaikan dengan fungsi museum ini sendiri yaitu sebagai museum budaya. Kata kunci : Museum, Kerajinan Tradisional Aceh, Seni Kerajinan, Cultural Symbolism

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MUSEUM KERAJINAN TRADISIONLA ACEH (dwi bahariyati, 2015)

MUSEUM ARSITEKTUR DI ACEH (HADANA SIWANGGI, 2020)

PEMBUATAN VIDEO ANIMASI INFOGRAFIS MUSEUM TSUNAMI ACEH MENGGUNAKAN ADOBE ILLUSTRATOR DAN ADOBE AFTER EFFECTS (Nisya Kharina, 2019)

PERAMALAN JUMLAH PENGUNJUNG MUSEUM NEGERI ACEH MENGGUNAKAN METODE DEKOMPOSISI (Sukmi Astuti, 2015)

PERBEDAAN PERSEPSI KUALITAS, KEPUASAN, DAN LOYALITAS KONATIF PENGUNJUNG MUSEUM KOTA BANDA ACEH (STUDI PADA MUSEUM TSUNAMI ACEH DAN MUSEUM ACEH) (Novi Astuti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy