Pengaruh Varietas Dan Jenis Pupuk Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Pengaruh Varietas Dan Jenis Pupuk Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.)


Pengarang

Bayhaqqi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0705101010046

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

631.8

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pengaruh Varietas Dan Jenis Pupuk Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.)

Bayhaqqi1), Elly Kesumawati 2), Erita Hayati 2)

1)Mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah, 2) Staf Pengajar Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsyiah

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui varietas dan jenis pupuk yang tepat terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah, serta interaksi antara kedua faktor tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh, mulai dari tanggal 23 November 2012 sampai dengan 5 Maret 2013. Bahan dan alat yang digunakan adalah benih bawang merah varietas Brebes, Thailand dan Philipina, pupuk kandang dari kotoran sapi dan pupuk NPK Phonska 15:15:15. Sedangkan alat-alat yang digunakan adalah handtractor, cangkul, tali raffia, meteran, gembor, timbangan duduk, timbangan analitik, tali plastik, papan nama dan alat tulis menulis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan sehingga terdapat 27 satuan percobaan. Faktor yang diteliti adalah varietas bawang merah yang terdiri dari tiga taraf yaitu varietas Brebes, Thailand dan Philipina. Faktor jenis pupuk yang terdiri atas 3 taraf yaitu pupuk kandang, pupuk NPK Phonska dan pupuk kandang + NPK Phonska. Peubah yang diamati meliputi tinggi tanaman umur 14, 21, 28, 35 dan 42 HST, jumlah anakan umur 14, 21, 28, 35 dan 42 HST, jumlah umbi per rumpun umur 65 HST, bobot basah tanaman per rumpun 65 HST, bobot umbi basah per rumpun 65 HST, bobot kering tanaman per rumpun, bobot umbi kering per rumpun, potensi hasil umbi basah per hektar dan potensi hasil umbi kering per hektar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah anakan umur 14, 21, 28, 35 dan 42 HST, jumlah umbi per rumpun dan berpengaruh nyata terhadap bobot basah tanaman, bobot umbi basah, bobot kering tanaman, bobot umbi kering, potensi umbi basah per hektar dan potensi umbi kering per hektar. Pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah lebih baik dijumpai pada varietas Brebes dan Thailand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pupuk berpengaruh tidak nyata terhadap tinggi dan jumlah anakan umur 14, 21, 28, 35 dan 42 HST, jumlah umbi per rumpun, bobot basah tanaman, bobot umbi basah, bobot kering tanaman, bobot umbi kering, potensi hasil umbi basah per hektar dan potensi hasil umbi kering per hektar. Pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah cenderung lebih baik dijumpai pada perlakuan pupuk NPK. Terdapat interaksi yang tidak nyata antara varietas dengan jenis pupuk terhadap semua peubah pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah yang diamati.

Kata kunci : Pengaruh Varietas Dan Jenis Pupuk Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK