//

UPAYA GURU DAN ORANGTUA DALAM MENGATASI PERMASALAHAN MORAL SISWA (SUATU PENELITIAN PADA SMA NEGERI 13 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mufachir - Personal Name
SubjectTEACHERS
PARENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Upaya Guru dan Orangtua, Permasalahan Moral Siswa Penelitian ini berjudul “Upaya Guru dan Orangtua dalam Mengatasi Permasalahan Moral Siswa (Suatu Penelitian pada SMA Negeri 13 Banda Aceh)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk permasalahan moral siswa, upaya guru dan orangtua dalam mengatasi permasalahan moral siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi pihak sekolah yaitu kepala sekolah, 1 guru BK, 2 wali kelas, 3 guru mata pelajaran, dan dari pihak orangtua yaitu 5 orangtua siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, bentuk-bentuk permasalahan moral siswa yaitu: 1) kurangnya sopan santun dalam bertingkah laku terhadap guru, orangtua dan sesama teman, 2) berpacaran dengan sesama teman, 3) merokok, 4) kurang disiplin, 5) ada siswa mengganggu siswa yang lain, 6) ada siswa perempuan mengalami perlakuan asusila, 7) ada siswa yang memaksa siswa lain untuk menyerahkan uang, dan 8) ada siswa kehilangan uang, hp, dan ipad. Kedua, upaya guru dalam mengatasi permasalahan moral siswa meliputi: (a) upaya pencegahan permasalahan moral yaitu: 1) sosialisasi moral dan agama serta kedisiplinan setiap upacara senin, 2) adanya himbauan dalam bentuk stiker atau spanduk, dan 3) menyisipkan tentang moral dan agama pada setiap mata pelajaran. Sedangkan (b) upaya penyelesaian masalah moral siswa yaitu: 1) memberikan teguran, 2) bimbingan dan arahan, 3) melakukan konseling individual, 4) memanggil orangtua, 5) memberi sanksi yang sesuai dengan permasalahan, dan 6) mengembalikan siswa kepada orangtua. Ketiga, upaya orangtua dalam mengatasi permasalahan moral anak yaitu: 1) memberi nasehat dan bimbingan, 2) mengarahkan anak dalam memilih lingkungan pergaulan, 3) mengontrol pergaulan anak, 4) ketegasan dalam mendidik, dan 5) memberi contoh yang baik dan memberikan pendidikan agama di tempat pengajian.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBINAAN MORAL REMAJA DI SEKOLAH (STUDI TERHADAP GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 8 DARUSSALAM BANDA ACEH) (Fahmi Ramadhan, 2018)

MEKANISME PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING YANG DILAKUKAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI MASALAH SISWA DI SEKOLAH(SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH) (RAIZATUNNISA, 2014)

UPAYA KONSELOR SEKOLAH DALAM MENCEGAH DAN MENGATASI PENYIMPANGAN BERPACARAN PADA SISWA SLTA DI KECAMATAN BANDA RAYA (KHAIRATUN NISAK, 2020)

KENDALA GURU MEMOTIVASI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Indah Purnama, 2018)

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SISWA DAN UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DA LAM MENANGANINYA (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 17 BANDA ACEH) (Muhammad Izal, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy