//

ANALISIS SURVIVAL PADA DATA ASURANSI KESEHATAN DENGAN PENGAPLIKASIAN MODEL COX PROPORTIONAL HAZARD

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahma Nurfajrini - Personal Name

Abstrak/Catatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan santunan berupa sejumlah uang untuk biaya pengobatan dan perawatan di bidang kesehatan sebagai sarana pengalihan kemungkinan risiko atau kerugian dari tertanggung kepada penanggung. Perusahaan asuransi diharuskan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dan probabilitas hazard (gagal) serta selang waktu tertentu tertanggung akan banyak mengajukan klaim asuransi. Analisis yang tepat untuk permasalahan ini adalah analisis survival dengan metode Cox Proportional Hazard model, karena analisis ini berhubungan dengan ketahanan seseorang dan waktu sebagai faktor utamanya. Faktor-faktor yang digunakan dalam Cox Proportional Hazard Model, yaitu waktu klaim merupakan waktu tertanggung dari menjadi anggota asuransi sampai pengajuan klaim, status merupakan keadaan tertanggung apakah tertanggung mengajukan klaim atau tidak, umur, jenis kelamin, jenis klaim, lokasi tertanggung dan besar premi. Cox Proportional Hazard Model pada akhirnya akan memberikan informasi tentang faktor-faktor yang berpengaruh secara statistika, yaitu variabel jenis kelamin, jenis klaim dan lokasi. Perbandingan probabilitas survival faktor yang sama antar karakteristik yang berbeda yang dihasilkan adalah risiko terjadi pengajuan klaim tertanggung dengan jenis kelamin perempuan adalah 1,36 kali dari laki-laki. resiko terjadi pengajuan klaim tertanggung jenis klaim rawat inap adalah 2,68 milyar kali dari belum mengajukan klaim, jenis klaim rawat jalan adalah 2,37 milyar kali dari belum mengajukan klaim, jenis klaim persalinan adalah 2,28 milyar kali dari belum mengajukan klaim, jenis klaim rawat gigi adalah 4,45 milyar kali dari belum mengajukan klaim, dan jenis klaim kacamata adalah 1,6 milyar kali dari belum mengajukan klaim. Untuk variabel lokasi, resiko terjadi pengajuan klaim tertanggung Aceh Besar adalah 3,05 kali dari Pidie Jaya dan Aceh Timur adalah 1,84 kali dari Pidie Jaya. Serta informasi tentang waktu-waktu dimana tertanggung akan banyak mengajukan klaim asuransi secara keseluruhan dari tiga cluster yang diperoleh adalah pada 150 < t < 250 hari pertama. Kata Kunci: asuransi kesehatan, cox proportional hazard model, analisis survival, propobabilitas hazard.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODEL EXTENDED COX PROPORTIONAL HAZARD PADA LAJU KELULUSAN MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (STUDI KASUS : KELULUSAN MAHASISWA PERIODE II TAHUN 2017) (RAHMADAINI, 2019)

PENERAPAN METODE REGRESI COX REGRESI PROPORTIONAL HAZARD PADA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU KESEMBUHAN PASIEN TUBERCULOSIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN (WARDATUL JANNAH, 2018)

ANALISIS SURVIVAL PADA DATA GIZI BURUK BALITA (Cut Rona Ariananda, 2017)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PESERTA ASKES DENGAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN ASURANSI KESEHATAN DI RSUDZA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rizka Ramadhayansyah, 2014)

PERAN ASURANSI JIWA TERHADAP RISIKO KEUANGAN MASYARAKAT DI INDONESIA (AIDIL AGUSTIAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy