//

PENGARUH TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAPRNHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIRNSMP NEGERI 1 BANDA ACEHRNTAHUN AJARAN 2014/2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NANI SURYANI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EMOTIONAL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: KecerdasanEmosional, HasilBelajar Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih hasil belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang tinggijuga. Namun, menurut hasil penelitian terbarumembuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi hasil belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruhtingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar pada siswa kelas VII SMPNegeri 1 Banda Aceh.Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain. Sedangkan hasilbelajar adalah hasil dari suatu aktivitas belajar yang dilakukan berdasarkan pengukuran dan penilaian terhadap hasil kegiatan belajar dalam bidang akademik yang diwujudkan berupa angka-angka. Bila siswa memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka akan meningkatkan hasil belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruhpositiftingkat kecerdasan emosional terhadaphasil belajar matematika siswa kelas VII SMPNegeri 1 Banda Aceh.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh. Sampel penelitian adalah kelas VII-1 dankelas VII-2. Dalam pengumpulan data digunakan kuesioner (angket) untuk kecerdasan emosional berdasarkan teori Daniel Goleman yang terdiri dari mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan dengan orang lain. Untuk mengukur hasil belajar siswapenelitimengambilnilaiujiantengah semester genap.Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,4812, yang menyatakanbahwaadahubunganpositif yang sedangantarakecerdasanemosionalterhadaphasilbelajarmatematikasiswa dengan ρ=3,97>1,67, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruhtingkat kecerdasan emosional terhadaphasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 RNBANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Maulana Agus Syahputra, 2015)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH (Zulkarnaini, 2016)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BANDA ACEH (Iwan Saputra, 2015)

PENGARUH KUALITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SLTP NEGERI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA. (NUSI ANWAR, 2020)

PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANTARA SISWA KELAS 3 SMAN 1 DAN SISWA KELAS 3 MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM YPUI BANDA ACEH (muhajir, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy