//

PERSEPSI PASIEN TENTANG PERAN PERAWAT PELAKSANARNDALAM PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING RNPOSTPARTUM SECTIO CAESAREA DI RUANG RNSEUREUNE 3 RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIARA ANANDITA SEPTININGTYAS - Personal Name
SubjectNURSING
PATIENT PERCEPTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 27 JULI 2015 xiv + VI Bab + 95 Halaman + 9 Tabel + 1 Skema + 21 Lampiran MUTIARA ANANDITA SEPTININGTYAS 1107101020095 PERSEPSI PASIEN TENTANG PERAN PERAWAT PELAKSANA DALAM PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING POSTPARTUM SECTIO CAESAREA DI RUANG SEUREUNE 3 RSUDZA BANDA ACEH ABSTRAK Dalam upaya memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, rumah sakit mulai melakukan pembenahan sistem pelayanan, salah satunya mengoptimalkan pelaksanaan discharge planning. Namun informasi yang diberikan hanya berkisar tentang waktu kontrol, obat-obatan, nutrisi, kontrasepsi dan mobilisasi dan tidak menggunakan formulir khusus untuk mendokumentasikannya. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi pasien tentang peran perawat pelaksana dalam pelaksanaan discharge planning postpartum sectio caesarea di ruang seureune 3 RSUDZA Banda Aceh. Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratif dengan menggunakan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 83 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner yang terdiri dari 44 item pernyataan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara terpimpin. Berdasarkan hasil penelitian persepsi pasien tentang peran perawat pelaksana dalam pelaksanaan discharge planning tentang nutrisi dan cairan bagi postpartum sectio caesarea pada kategori baik (53,0%), tentang mobilisasi/ambulasi pada kategori baik (72,3%), tentang personal hygiene pada kategori baik (54,2%), tentang seksualitas dan kontrasepsi pada kategori baik (51,8%), tentang managemen nyeri pada kategori baik (55,4%) dan tentang tanda bahaya/komplikasi pada kategori baik (50,6%). Diharapkan kepada perawat untuk meningkatkan perannya dalam memberikan discharge planning pada postpartum sectio caesarea sehingga pasien mampu melakukan perawatan dirinya secara mandiri di rumah. Kata Kunci : Persepsi, Discharge Planning, Sectio Caesarea Daftar Bacaan : 24 buku + 8 Jurnal + 4 Skripsi (1976-2014)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING DI RUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA BANDA ACEH (AHMAD NURJIHADUDDIN, 2016)

PERSEPSI PERAWAT PELAKSANA TERHADAP PENTINGNYA DISCHARGE PLANNING DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NELLY SAFRINA, 2016)

GAMBARAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING PADA PASIEN STROKE DI RUANG RAWAT INAP GEULIMA I RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Anisah Ulfah, 2016)

PERILAKU PERAWAT PELAKSANA TENTANG DISCHARGE PLANNING DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Khalidawati, 2016)

PENGARUH MENYUSUI NON-EKSKLUSIF TERHADAP INDEKS ANTROPOMETRI BAYI SECTIO CAESAREA USIA 0-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (AULIA MUJIZATUN F, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy