//

PENGARUH EKSTRAK BIJI KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS PADA BERBAGAI KONSENTRASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Hafidhah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Enterococcus faecalis adalah bakteri anaerob fakultatif gram positif, non-motil, serta dapat tumbuh dengan cepat pada suhu 37-42ºC dan membentuk koloni non-hemolitik. E. Faecalismerupakan salah satu dari banyak mikroorganisme yang ditemukan di saluran akar gigi dengan perawatan endodontik yang gagal dan juga terlibatdalam infeksi saluran akar yang persisten.Penelitian in vitromenemukan bahwaE. faecalis dapat menginvasi tubulus dentin di mana tidak semua bakteri dapat melakukannyaserta resisten terhadap kalsium hidroksida dengan pH di bawah 11,1. Kakao (Theobroma cacao L.) memiliki kandungan flavonoid berupa katekin, antosianin, dan quercetin, serta kandungan tanin berupa prosianidin.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak biji kakao (Theobroma cacao L.) terhadap pertumbuhan Enterococcus faecalispada berbagai konsentrasi. Pada kelompok perlakuan, konsentrasi ekstrak biji kakao yang digunakan adalah 6,25%, 12,5%, 25%, 50%, dan 100%, sedangkan pada kelompok kontrol digunakan chlorhexidine 2% sebagai kontrol positif dan akuades sebagai kontrol negatif. Uji analisis Kruskal-Wallis menunjukkan nilai p=0,003 yang berarti ekstrak biji kakao berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan Enterococcus faecalis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, ekstrak biji kakao (Theobroma cacao L.) dapat menghambat pertumbuhan Enterococcus faecalis mulai dari konsentrasi 6,25% hingga 100%. Kata kunci: Flavonoid, Tanin, Enterococcus faecalis, ekstrak biji kakao (Theobroma cacao L.) 

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK BIJI JINTAN HITAM (NIGELLA SATIVA) SEBAGAI ANTI BAKTERI ALAMI DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Rahmad Hidayat, 2015)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK BIJI KAKAO (THEOBROMA CACAO) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS (Ime Syahdibrina, 2015)

POTENSI ANTIBAKTERI EKSTRAK TEMULAWAK (CURCUMA XANTHORRHIZA ROXB) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS SECARA IN- VITRO (mahdalena, 2014)

PERBANDINGAN PENGARUH EKSTRAK KULIT MANGGIS (GARCINIA MANGOSTANA L.) OLAHAN LABORATORIUM FKIP KIMIA UNSYIAH DAN OLAHAN PABRIK TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ENTEROCOCCUS FAECALIS (FAIZA ATIKA, 2018)

ENGARUH DAYA HAMBAT EKSTRAK BIJI PALA (MYRISTICA FRAGRANS) DENGAN METODE MASERASI TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (FERRA KEUMALA NURI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy