//

HUBUNGAN SELF EFFICACYDENGAN MOTIVASI DALAM MENJALANI TERAPI PADA PASIEN GAGAL JANTUNGRNDI RUMAH SAKITUMUMDR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Dian Pratiwi - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI Juli 2015 xv + vi bab + 68 halaman + 13 tabel + 2 skema + 18 lampiran DESI DIAN PRATIWI NIM. 1007101020061 HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN MOTIVASI DALAM MENJALANI TERAPI PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG DAN RUANG RAWAT INAP GEULIMA 2 RUMAH SAKIT UMUM dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Prevelensi gagal jantung di dunia semakin meningkat, sehingga memerlukan perhatian khusus agar tidak terjadi komplikasi berulang. Oleh karena itu dibutuhkan self efficacy dan motivasi dalam menjalani terapi pengobatan pada pasien gagal jantung. Efektifnya self efficacy sangat dipengaruhi oleh motivasi. Motivasi akan lebih kuat jika individu memiliki kepercayaan untuk dapat mencapai tujuannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan motivasi dalam menjalani terapi pengobatan pada pasien gagal jantung di Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Teknik pengumpulan data wawancara terpimpin menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert dengan 23 item pertanyaan pada self efficacy dan 11 pertanyaan untuk motivasi . Metode analisis data dilakukan dengan univariat dan bivariat (uji statistik Chi-square). Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara self efficacy dengan motivasi dalam menjalani terapi pengobatan pada pasien gagal jantung di Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin tahun 2015 (P-value 0,019). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, semakin baik self efficacy seseorang, maka akan semakin tinggi motivasi mereka dalam menjalani terapi pengobatan gagal jantung. Saran bagi perawat dan Rumah Sakit dr. Zainoel Abidin Banda Aceh agar dapat meningkatkan dukungan dan sistem pelayanan bagi pasien terkait informasi yang mereka dapatkan selama menjalani terapi pengobatan gagal jantung. Kata Kunci : self efficacy, gagal jantung, motivasi Daftar Bacaan : 14 Buku, 2 Tesis, 5 Artikel, 7 Jurnal (1997-2013)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIDHA MUTIA, 2015)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

STUDI KOMPARATIF TINGKAT KECEMASAN PASIEN YANG MENJALANIRNTERAPI CONTINUOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALYSIS (CAPD)RNDENGAN TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (SRIWAHYUNI, 2015)

HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DAN NON DIABETES MELLITUS DENGAN SURVIVAL RATE PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH PERIODE 2011-2015 (Nurul Fitria, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FARAH ULLYA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy