//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF-PROGRESIFRNUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWARN PADA KONSEP MASSA JENIS ZAT RNDI SMP NEGERI 10 KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD ADLI - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model Pembelajaran Inovatif-Progesif, Ketuntasan Belajar. Model penerapan inovatif progresif adalah salah satu pedoman mengajar guru, dimana guru menempatkan dirinya sebagai penganyom, nara sumber, pembimbing/ pendamping (fasilitator dan mediator) yang dilandasi oleh pendekatan emosional yang humanistik. Pedoman mengajar yang dilaksanakan guru membimbing siswa dalam melakukan kegiatan, diskusi dalam kelompok, melaporkan hasil kegiatan, dan kelompok lain memberi tanggapan, menganalisis pendapat siswa, menjelaskan konsep yang harus dipahami siswa yang dilakukan di SMP Negeri 10 Kuala penelitian ini di mulai bulan september samapi dengan oktober, jenis penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inovatif-progesif pada konsep massa jenis zat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kuala yang berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan, soal pre-test dan post test. Untuk melihat dan mengetahui tingkat ketuntasan belajar digunakan rumus persentase, dimana diperoleh hasilnya pada siklus pertama dari 26 siswa yang tuntas sekitar 20 siswa persentase ketuntasan sekitar 77%, pada siklus ke dua siswa yang tuntas menjadi 23 orang hanya 3 oran yang tidak tuntas dari 26 siswa dan persentasenya sekitar 88%, pada siklus ketiga siswa yang tuntas menjadi 24 siswa dari 26 siswa yang tidak tuntas berkurang menjadi 2 siswa, persentase ketuntasanya sekitar 92%. Tingkat ketuntasan klasikalnya mencapai 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inovatif-progresif di SMP Negeri 10 Kuala pada konsep massa jenis zat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan ketuntasan nilai belajar siswa di SMP Negeri 10 Kuala

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MEDIA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BUNYI DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM (WAHYUNI, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 MAN MODEL BANDA ACEH (Fajar Mailina, 2013)

MANAJEMEN PEMBELAJARAN INOVATIF PADA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (CUT HAYATUN ZOHRA, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy