//

STUDI KOMPARATIF SUCCESSFUL AGING PADA LANSIA TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH DENGAN LANSIA TINGGAL BERSAMA MASYARAKAT DI DESA LUBUK SUKON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dara Mubshirah - Personal Name

Abstrak/Catatan

STUDI KOMPARATIF SUCCESSFUL AGING PADA LANSIA TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH DENGAN LANSIA TINGGAL BERSAMA MASYARAKAT DI DESA LUBUK SUKON Successful aging menggambarkan kondisi lansia yang berhasil dalam berbagai sudut padang, baik dari aspek fisik, psikologis, sosial dan kognitif. Successful aging terjadi karena adanya beberapa faktor yang saling berkaitan, di antaranya yaitu faktor sosial. Dukungan yang baik dari keluarga maupun lingkungan kepada lansia untuk tetap melakukan segala kegiatan di lingkungannya membuat lansia merasa diakui dan menjalani masa tuanya dengan sukses. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan successful aging pada lansia yang tinggal di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh dengan lansia yang tinggal bersama masyarakat di Desa Lubuk Sukon. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah metode purposive sampling dan quota sampling dengan jumlah sampel 80 lansia. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner dengan teknik wawancara terpimpin. Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann Whitney U dengan confidence interval 95% dan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan successful aging pada lansia yang tinggal di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang dengan lansia yang tinggal bersama masyarakat di Desa Lubuk Sukon (p-value 0,823), dengan subvariabel aspek biologis (p-value 0,646), aspek psikologis (p-value 0,393), aspek sosial (p-value 1,000) dan aspek kognitif (p-value 0,608). Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan dan tambahan informasi kepada petugas UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang dan masyarakat khususnya keluarga untuk lebih memperhatikan dan mendukung lansia dalam mencapai kesuksesan di masa tuanya terutama yang terbatas oleh penurunan aktivitas fisik dan fungsi kognitif. Kata Kunci : Lansia, successful aging Daftar bacaan : 25 buku + 26 jurnal + 2 internet (2002-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN SPIRITUAL DENGAN SUCCESFUL AGING PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Zahrul Idami, 2018)

GAMBARAN STRESSOR PADA LANSIA YANG TINGGAL DI RUMAH BERSAMA KELUARGA DAN DI UPTD (UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH TAHUN 2012 (ZUHAIRA F, 2014)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

PERBANDINGAN STATUS FUNGSIONAL LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN YANG TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (MUHAMMAD RIZAL, 2016)

PERBEDAAN STATUS GIZI LANSIA YANG TINGGAL DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG DENGAN LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DI DESA LAMGLUMPANG BANDA ACEH (Putri Wulan Tika, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy