//

IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT PLN WILAYAH ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALMIRA KEUMALA ULFAH - Personal Name
SubjectGOOD GOVERNANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Akuntansi
Tahun Terbit 2015

Abstrak/Catatan

IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT PLN WILAYAH ACEH Oleh: ALMIRA KEUMALA ULFAH NIM: 1309200070094 Pembimbing : 1. Dr. Hasan Basri, SE, M.Com, Ak 2. Dr. M. Shabri, SE, M.Ec ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Good Corporate Governance dan kualitas pelayanan pada PT PLN Wilayah Aceh, Sejauh mana Implementasi Good Corporate Governance dapat meningkatkan kualitas pelayanan pada PT PLN Wilayah Aceh dan Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi Good Corporate Governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada PT PLN Wilayah Aceh. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT PLN Wilayah Aceh. Metode analisis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian campuran. Penelitian ini memberikan hasil yaitu secara simultan prinsip-prinsip Good Corporate Governance bersama-sama berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di PT PLN Wilayah Aceh, dan secara parsial hanya variabel transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan kewajaran yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di PT PLN Wilayah Aceh, sedangkan variabel kemandirian secara parsial tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di PT PLN Wilayah Aceh. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa Implementasi Good Corporate Governance PT PLN Wilayah Aceh sudah berjalan baik, hal ini dapat dilihat dari telah diterapkannya pedoman perilaku (code of conduct) dilingkungan PT PLN Wilayah Aceh dan program-program yang dibuat oleh PT PLN Wilayah Aceh.Program-program tersebut antara lain yaitu, 1) Program PLN Bersih, 2) Program Perlindungan Pelanggan, 3) Program Kemitraan, 4) Program Bina Lingkungan, 5) Program Lingkungan Hidup. Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanannya, PT PLN Wilayah Aceh mengeluarkan beberapa layanan untuk pelanggan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Beberapa layanan tersebut yaitu, 1) contact center PLN 123, 2) call back center, 3) Listrik Prabayar. Faktor penghambat dalam implementasi Good Corporate Governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada PT PLN Wilayah Aceh yaitu, 1) Keterlambatan pengiriman material SR untuk penyambungan baru, 2) Biaya call center yang masih dianggap mahal oleh pelanggan, 3) Kurang cepatnya waktu penyelesaian pekerjaan pelayanan, 4) Masih ada pelanggan yang sulit untuk dihubungi, 5) Saat melakukan survey pelanggan, yang menjadi responden bukan pemilik asli rekening, 6) Sulitnya menemukan lokasi pelanggan dalam melakukan penyelesaian masalah yang dikeluhkan oleh pelanggan, 8) Biaya,. 9) Orang, dan 10) Waktu. Faktor pendukung dalam implementasi Good Corporate Governance dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada PT PLN Wilayah Aceh yaitu, 1) Faktor Internal yaitu adanya kerjasama, koordinasi dan saling membantu antar karyawan PT PLN Wilayah Aceh, dan dibentuknya fungsi pengelolaan Good Corporate Governance dibawah Sekretaris Perusahaan yang secara khusus tugasnya menangani dan memantau efektivitas penerapan Good Corporate Governance di PT PLN Wilayah Aceh. 2) Faktor eksternal yaitu program-program yang dibuat oleh PT PLN Wilayah Aceh dalam melaksanakan implementasi Good Corporate Governance dan dengan mengembangkan teknologi informasi yang memudahkan karyawan dalam bekerja dan memberikan kemudahan akses yang tanpa batas kepada pelanggan. Kata kunci: Good Corporate Governance, Kualitas Pelayanan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE FINANCIAL PERFORMANCE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYRN(STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA) (MAULIDAN, 2015)

ANALISIS PERBANDINGAN PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBELUM DAN SESUDAH KONVERSI PADA BANK ACEH SYARIAH (RANNY SHARAH, 2019)

PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Eka Junaida, 2014)

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Anhar Firdaus, 2018)

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, LEVERAGE, DAN FIRM SIZE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2010-2013 (Muhammad Arif Azhar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy